Judul Buku | : | Pendidikan Integratif – Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam | |
Pengarang | : | Dr. H. Ahmad Barizi, M.A. | |
Penerbit | : | UIN – MALIKI PRESS – Malang | |
Cetakan | : | Ke - 1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 300 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 21 | |
Berat | : | 300 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 52,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 41,500 | |
Stock | : | 1 |
Pendidikan Karakter – Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam
Pengarang : Dr. H. Ahmad Barizi, M.A.
Penerbit : UIN – MALIKI PRESS – Malang
Daftar isi
Bagian Pertama
Pendidikan Islam: Antara Tuntutan Perubahan Sosial dan Problematika Modernitas
– Beberapa Problematika Modernitas
– Mengapa Under Privileged?
– Budaya Tidak Percaya Diri
– Penyakit Dikotomi
– Penyimpangan Profesionalitas Tenaga Edukatif
– Pendidikan sebagai Jendela Masa Depan
– Menggagas Academic Excellence Sistem Pendidikan Islam
Bagian Kedua
Pendidikan Islam: Merawat Tradisi dan Membangun Integrasi Keilmuan
– Reposisi Pesantren dalam Konstruksi Sistem Pendidikan Islam
- Geneologi Ideologic Pesantren
- Nilai-nilai Pesantren
- Paradigma Kependidikan
- Gelisah Politik Kiai Pesantren dalam Perspektif Pendidikan Islam
- Membangun Paradigma Kajian Kitab Kuning
- Pengertian Kitab Kuning
- Metode Pengajaran Kitab Kuning
- Salafisme dan Mandulnya Liberalisme Pendidikan Islam
- Tradisi Pembelajaran. yang Tidak Kontekstual
- Urgensi Rasionalisme: Belajar dari Muhammad Abduh
– Relevansi Sistem Pendidikan Islam dan Perkembangan Teknologi-Industri
– "Reintegrasi Keilmuan"UIN: Antara Koherensi dan Tuntutan Pembangunan
– Urgensi Sistem Pendidikan Asrama: Menilik Relasi Mahasiswa, Kos-kosan, dan Fenomena Seksual
- Definisi dan Kritik
- Asrama: Edukasi Alternatif
Bagian Ketiga
Pendidikan Islam: Antara Demokrasi dan Pembebasan
– Pendidikan. Islam sebagai Praktik Pembebasan
- Liberalisme Pendidikan Islam: Belajar dari Paulo Freire
- Kritik atas "Banking Concept of Education"
- Keluar dari Kapitalisme
– Feminisme Emansipatoris dalam Pendidikan Islam: Refleksi Pemikiran Pendidikan RA. Kartini
- Selejang Diri dan Sosio-Kultural Kartini
- Pandangan Kartini tentang Pendidikan
- Perspektif Kesetaraan Gender
- Jadikan Sekolah sebagai Taman Berlibur
- Spiritualitas Cinta dalam Pendidikan Islam: Upaya Mengembalikan Jati Diri Manusia
– UU Sisdiknas 2003: Suatu Ancangan ke Arah Pendidikan Multikulturalisme
- Kritik yang Sentimental
- UU Sisdiknas: Ancangan ke Arah Multikulturalisme
Bagian Keempat
Pendidikan Islam: Rekonstruksi Manajemen
dan Metodologi
- Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat
- Kepala Sekolah: Antara. Manajer dan Supervisor Akademik
- Kepala Sekolah sebagai Manajer
- Kepala Sekolah sebagai Supervisor Akademik
- Menuju Kepemimpinan Madrasah Diniyah Mandiri
- Beberapa Catatan Kritik
- Urgensi Kepemimpinan Mandiri
- Ke Arah Rekonstruksi Inovatif-Metodologis Pendidikan Islam
- Problematika Epistemologis-Metodologis
- 1(lasifikasi Kecakapan Akademik
- Paradigms Metodik Pendidikan Islam
– Guru sebagai Ujung Tombak Keberhasilan Siswa
- Guru: Antara Profesi dan Prestasi
- Guru: Antara Panggilan Profesi dan "Jihad"
– Kurikulum Sekolah: Dari CBSA sampai KBK
Bagian Kelima
Pendidikan Islam: Belajar dari Konsep Pendidikan
Tokoh-tokoh Klasik Islam
Ibn Miskawaih (320-412/932-1030)
Ibn Sins (370-428 H/980-1037 M)
- Abu Hamid AI-Ghaz5ri (450-505 H/1059-1111 M)
Ibn Taimiyah (661-728 H/1263-1328 M)
– AI-Zamfifl (w. 591 H/1203 M)
Model Integrasi Sains dan Islam Sebuah Tawaran ke Arah Pengembangan Kurikulum Pendidikan SD, SMP, SMA/SMK Berwawasan Imtaq
– Urgensi Integrasi Sains clan Islam
– Model Integrasi Sains dan Islam: Sebuah Tawaran Awal Menelusuri Ayat-ayat Sains dalam Al-Qur'an: Sebuah
Langkah Menuju Pendidikan Integratif
Daftar Pustaka
Selajang Penulis
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar