Judul Buku | : | Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus | |
Pengarang | : | Jasa Ungguh Muliawan | |
Penerbit | : | Gava Media | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 260 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 23 | |
Berat | : | 400 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 59,500 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 47,600 | |
Stock | : | 1 |
Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus
Pengarang : Jasa Ungguh Muliawan
Penerbit : Gava Media
Pengarang : Jasa Ungguh Muliawan
Penerbit : Gava Media
DAFTAR ISI
BAB I DASAR-DASAR PENELITIAN ILMU EMPIRIS
1. Pengertian
2. Klasifikasi Penelitian.
3. Cara Kerja Dasar Penelitian Ilmu Empiris
4. Perbedaan Kelompok Ilmu Empiris dengan. Kelompok Ilmu Rasional
1. Pengertian
2. Klasifikasi Penelitian.
3. Cara Kerja Dasar Penelitian Ilmu Empiris
4. Perbedaan Kelompok Ilmu Empiris dengan. Kelompok Ilmu Rasional
BAB II. STRUKTUR ILMU PENDIDIKAN
1. Pengertian Struktur Ilmu Pendidikan
2. Objek dan Wilayah Kerja 11mu Pendidikan
2.1. Manusia
2.2. Sistim 11mu dan Pemikiran
2.3. Manajemen dan Kelembagaan
2.4. Proses belajar-mengajar
3. Instrument Pendidikan
3.1. Pelajar
3.2. Objek belajar
3.3. Tujuan Pembelajaran
3.4. Guru/Tenaga Pengajar
3.5. Metode Belajar-Mengajar
3.6. Pengaruh lingkungan.
4. Sasaran Pendidikan.
4.1. Unsur Motorik
4.2. Unsur Afektif
4.3. Unsur Kognitif
4.4. Unsur Spiritual
4.5. Unsur Keseimbangan
5. Peran dan Fungsi Pendidikan
1. Pengertian Struktur Ilmu Pendidikan
2. Objek dan Wilayah Kerja 11mu Pendidikan
2.1. Manusia
2.2. Sistim 11mu dan Pemikiran
2.3. Manajemen dan Kelembagaan
2.4. Proses belajar-mengajar
3. Instrument Pendidikan
3.1. Pelajar
3.2. Objek belajar
3.3. Tujuan Pembelajaran
3.4. Guru/Tenaga Pengajar
3.5. Metode Belajar-Mengajar
3.6. Pengaruh lingkungan.
4. Sasaran Pendidikan.
4.1. Unsur Motorik
4.2. Unsur Afektif
4.3. Unsur Kognitif
4.4. Unsur Spiritual
4.5. Unsur Keseimbangan
5. Peran dan Fungsi Pendidikan
BAB III. METODE PENELITIAN PENDIDIKAN
1. Pengertian. Penelitian Pendidikan
2. Objek Penelifian Pendidikan
2.1. Menurut Jenisnya
2.2. Menurut Bentuk Pendekatan yang Digunakan
2.3. Menurut Sasaran Konkritnya
3. Perumusan Masalah
4. Penentuan Variabel
5. Metode Penelitian
5.1. Metode Observasi
5.2. Metode Interaktif
5.2.1. Teknik Wawancara
5.2.2. Teknik Angket
5.2.3. Teknik Tes
5.3. Metode Telaah Literature
5.3.1. Cara Kerja
5.3.2. Logika yang Dipakai
5.3.3. Syarat Teknis
5.4. Metode Eksperimen
5.4.1. Langkah-langkah Penelitian
5.4.2. Keunggulan dan Kelemahan
5.5. Metode Diskriptif
5.5.1. Metode Studi Kasus
5.5.2. Metode Komparatif/Perbandingan.
5.5.3. Metode Korelasi.
5.5.4. Metode Studi Fenomenologi/ Perkembangan.
5.5.5. Metode Studi Tentang Aliran.
5.6. Metode Filosofis
6. Pengumpulan Data dan Informasi
6.1. Pengamatan
6.2. Literatur
6.3. Komunikasi
7. Pengolahan
7.1. Pengolahan Data Kualitatif
7.2. Pengolahan Data Kuantitatif
8. Sistimatika Penulisan Laporan
8.1. Penulisan Proposal
8.1..1. Judul
8.1.2. Penegasan Judul
8.1.3. Latar Belakang Masalah
8.1.4. Rumusan Masalah
8.1.5. Tujuan Penelitian
8.1.6. Manfaat penelitian
8.1.7. Telaah pustaka
8.1.8. Kerangka Teori
8.1.9. Metode Penelitian
8.1.10. Sistimatika Pembahasan.
8.2. Penulisan Laporan
9. Presentasi Hasil Penelitian.
1. Pengertian. Penelitian Pendidikan
2. Objek Penelifian Pendidikan
2.1. Menurut Jenisnya
2.2. Menurut Bentuk Pendekatan yang Digunakan
2.3. Menurut Sasaran Konkritnya
3. Perumusan Masalah
4. Penentuan Variabel
5. Metode Penelitian
5.1. Metode Observasi
5.2. Metode Interaktif
5.2.1. Teknik Wawancara
5.2.2. Teknik Angket
5.2.3. Teknik Tes
5.3. Metode Telaah Literature
5.3.1. Cara Kerja
5.3.2. Logika yang Dipakai
5.3.3. Syarat Teknis
5.4. Metode Eksperimen
5.4.1. Langkah-langkah Penelitian
5.4.2. Keunggulan dan Kelemahan
5.5. Metode Diskriptif
5.5.1. Metode Studi Kasus
5.5.2. Metode Komparatif/Perbandingan.
5.5.3. Metode Korelasi.
5.5.4. Metode Studi Fenomenologi/ Perkembangan.
5.5.5. Metode Studi Tentang Aliran.
5.6. Metode Filosofis
6. Pengumpulan Data dan Informasi
6.1. Pengamatan
6.2. Literatur
6.3. Komunikasi
7. Pengolahan
7.1. Pengolahan Data Kualitatif
7.2. Pengolahan Data Kuantitatif
8. Sistimatika Penulisan Laporan
8.1. Penulisan Proposal
8.1..1. Judul
8.1.2. Penegasan Judul
8.1.3. Latar Belakang Masalah
8.1.4. Rumusan Masalah
8.1.5. Tujuan Penelitian
8.1.6. Manfaat penelitian
8.1.7. Telaah pustaka
8.1.8. Kerangka Teori
8.1.9. Metode Penelitian
8.1.10. Sistimatika Pembahasan.
8.2. Penulisan Laporan
9. Presentasi Hasil Penelitian.
BAB IV DASAR-DASAR, PENGEMBANGAN DAN APLIKASI PENELITIAN PENDIDIKAN
1. Proses dan Cara Kerja Logika
1.1. Tahap Penginderaan
1.2. Tahap Berpikir atas Dasar Keingintahuan
1.3. Tahap Meniru
1.4. Tahap Berpikir atas Dasar Pengalaman
1.5. Tahap Kombinasi
1.6. Tahap Komunikasi
1.7. Tahap Pembuktian
1.8. Tahap Pengujian
1.9. Kesepakatan Umum
2. Cara Kerja Ilmu Pendidikan
2.1. Cara Kerja Ilmu Empiris
2.2. Cara Kerja Ilmu Rasional
2.2.1. Logika Bahasa
2.2.2. Logika Matematika
2.2.3. Logika Ilmiah
2.2.4. Logika Moral
2.2.5. Logika Material
2.2.6. Logika Metafisika
2.2.7. Logika Manusiawi
2.2.8. Logika Antar Dimensi
2.3. Cara Kerja Ilmu Intuisi (Imajinatif)
3. Kerangka Dasar Teknologi Penelitian Pendidikan.
3.1. Pengumpulan Data
3.1.1. Pengamatan (observasi)
3.1.2. Wawancara (interview)
3.1.2.1. Wawancara Terstruktur.
3.1.2.2. Wawancara Tidak Terstruktur
3.1.2.3. Wawancara Terbuka
3.1.2.4. Wawancara Terselubung (Elisitasi)
3.1.3. Percobaan (Eksperimen)
3.1.4. Angket (Kuisioner)
3.1.5. Tes (ujian)
3.1.6. Literatur (Surnber Pustaka)
3.2. Analisis
3.3. Pengajuan Hipotesis
3.4. Melakukan Uji Coba (Pengujian)
3.5. Penarikan Kesimpulan
3.6. Penvajian Hasil Penelitian (Representasi)
4. Perbedaan Karva Tulis Ilmiah Sederhana, Skripsi, Tesis, dan Disertasi
4.1. Perbedaan Skripsi, Tesis, clan Disertasi
4.1.1. Aspek Permasalahan
4.1.2. Aspek Kajian Pustaka
4.1.3. Aspek Metodologi Penelitian
4.1.4. Aspek Hasil Penelitian
4.1.5. Aspek Kemandirian
4.2. Karya Tulis Ilmiah Sederhana
4.2.1. Artikel
4.2.2. Makalah
4.2.3. Laporan Penelitian
5. Menyusun Karva Tulis Ilmiah Sederhana
6. Prinsip dan Cara Kerja Penelitian Kualitatif (Literatur)
7. 6.1. Urutan Langkah Penelitian Kualitatif
8. 6.2. Contoh Instrumenisasi Objek Penelitian Kualitatif
9. Prinsip dan Cara Kerja Penelitian Kuantitatif (Lapangan).
7.1. Tahapan Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif
7.2. Contoh Penyusunan Proposal
1. Proses dan Cara Kerja Logika
1.1. Tahap Penginderaan
1.2. Tahap Berpikir atas Dasar Keingintahuan
1.3. Tahap Meniru
1.4. Tahap Berpikir atas Dasar Pengalaman
1.5. Tahap Kombinasi
1.6. Tahap Komunikasi
1.7. Tahap Pembuktian
1.8. Tahap Pengujian
1.9. Kesepakatan Umum
2. Cara Kerja Ilmu Pendidikan
2.1. Cara Kerja Ilmu Empiris
2.2. Cara Kerja Ilmu Rasional
2.2.1. Logika Bahasa
2.2.2. Logika Matematika
2.2.3. Logika Ilmiah
2.2.4. Logika Moral
2.2.5. Logika Material
2.2.6. Logika Metafisika
2.2.7. Logika Manusiawi
2.2.8. Logika Antar Dimensi
2.3. Cara Kerja Ilmu Intuisi (Imajinatif)
3. Kerangka Dasar Teknologi Penelitian Pendidikan.
3.1. Pengumpulan Data
3.1.1. Pengamatan (observasi)
3.1.2. Wawancara (interview)
3.1.2.1. Wawancara Terstruktur.
3.1.2.2. Wawancara Tidak Terstruktur
3.1.2.3. Wawancara Terbuka
3.1.2.4. Wawancara Terselubung (Elisitasi)
3.1.3. Percobaan (Eksperimen)
3.1.4. Angket (Kuisioner)
3.1.5. Tes (ujian)
3.1.6. Literatur (Surnber Pustaka)
3.2. Analisis
3.3. Pengajuan Hipotesis
3.4. Melakukan Uji Coba (Pengujian)
3.5. Penarikan Kesimpulan
3.6. Penvajian Hasil Penelitian (Representasi)
4. Perbedaan Karva Tulis Ilmiah Sederhana, Skripsi, Tesis, dan Disertasi
4.1. Perbedaan Skripsi, Tesis, clan Disertasi
4.1.1. Aspek Permasalahan
4.1.2. Aspek Kajian Pustaka
4.1.3. Aspek Metodologi Penelitian
4.1.4. Aspek Hasil Penelitian
4.1.5. Aspek Kemandirian
4.2. Karya Tulis Ilmiah Sederhana
4.2.1. Artikel
4.2.2. Makalah
4.2.3. Laporan Penelitian
5. Menyusun Karva Tulis Ilmiah Sederhana
6. Prinsip dan Cara Kerja Penelitian Kualitatif (Literatur)
7. 6.1. Urutan Langkah Penelitian Kualitatif
8. 6.2. Contoh Instrumenisasi Objek Penelitian Kualitatif
9. Prinsip dan Cara Kerja Penelitian Kuantitatif (Lapangan).
7.1. Tahapan Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif
7.2. Contoh Penyusunan Proposal
GLOSARIUM
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR PUSTAKA
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar