Judul | PRINSIP-PRINSIP DAN TEKNIK EVALUASI PENGAJARAN | ||||
Pengarang | : | Drs. M. Ngalim Purwanto | |||
Penerbit | : | Rosda | |||
ISBN | : | 979-514-127-9 | |||
Cetakan Ke | : | 19 | |||
Tahun Terbit | : | 2009 | |||
Bahasa | : | Indonesia | |||
Jumlah Halaman | : | x + 165 | |||
Kertas Isi | : | HVS | |||
Cover | : | Soft | |||
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |||
Berat | : | 250 gram | |||
Kondisi | : | Baru | |||
Harga | : | Rp. 39.000 | |||
Bayar | : | Rp. 31.100 | DISKON | ||
Stock | : | 1 |
DAFTAR ISI :
BAB I : KEDUDUKAN EVALUASI PENDIDIKAN DI DALAM KURIKULUM DAN PENGAJARAN
Pengertian
evaluasi dalam pengajaran; fungsi evaluasi di dalam proses belajar
mengajar; hubungan antara pengajaran dan evaluasi; objek evaluasi
pendidikan; kegunaan data evaluasi; program evaluasi.
BAB II : EVALUASI PENCAPAIAN BELAJAR SISWA
Prinsip-prinsip
dasar tes hasil belajar; penilaian formatif dan penilaian sumatif;
norm-referenced vs criterion-referenced test; perencanaan dalam menyusun
test; ciri-ciri dari empat tipe achievement test.
BAB III : MACAM-MACAM BENTUK TES HASIL BELAJAR
Arti
dan macamnya; kebaikan dan keburukannya; syarat-syarat menyusun test
objektif; tipe-tipe hasil belajar kognitif; contoh soal tingkat
kemampuan kognitif; beberapa model tes pilihan ganda (multiple choise);
mempersiapkan tes essay; cara menskor soal-soal essay; cara menskor tes
objektif.
BAB IV : PRINSIP-PRINSIP DAN PROSEDUR PENILAIAN TES HASIL BELAJAR
Penskoran dan penilaian; prinsip-prinsip penilaian; aturan penilaian; prosedur pemberian nilai.
BAB V : TEKNIK PENGOLAHAN SKOR HASIL EVALUASI
Mengolah
skor mentah menjadi nilai huruf; mengolah skor mentah menjadi nilai 1 -
10; penilaian dengan persen; mengolah skor mentah menjadi skor standar
Z; mengolah skor mentah menjadi skor standar T.
BAB VI : EVALUASI DALAM PENGAJARAN PPSI
Tujuan,
jenis dan fungsi evaluasi; cara, teknik dan jenis standar penilaian;
tes dan prinsip pelaksanaannya; cara menilai tes formatif dan tes
sumatif; penentuan nilai rapor.
BAB VII : TEKNIK ANALISIS DAN INTERPRETASI TES HASIL BELAJAR
Teknik
analisis soal tes (item analysis); analysis dan interpretasi soal tes
objektif; prosedur analisis item yang lebih sederhana dan
norm-referenced test; interpretasi data analisis item tes
norm-referened; prosedur analisis item untuk criterion-referenced test.
BAB VIII : KUALITAS DN CIRI-CIRI TEKNIK EVALUASI YANG BAIK
Validitas; keandalan; objektivitas; kepraktisan; cara menghitung validitas suatu tes.
BAB IX : OEBSERVASI SEBAGAI ALAT EVALUSAI
Pengertian
observasi; kedudukan observasi di dalam evaluasi; situasi di dalam
observasi; cara-cara mencatatkan observasi; lamanya observasi dan posisi
pengamat; validitas observasi; interpretasi data observasi; kebaikan
dan kelemahan data observasi
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar