Judul Buku | : | PSIKOLOGI BELAJAR & MENGAJAR | |
Pengarang | : | Dr. Oemar Hamalik | |
Penerbit | : | Sinar Baru Algesindo | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-9 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 223 | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 21 | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 17,500 | |
Stock | : | 1 |
PSIKOLOGI BELAJAR & MENGAJAR
Pengarang : Dr. Oemar Hamalik
Penerbit : Sinar Baru Algesindo
DAFTAR ISI
Bagian kesatu PENDAHULUAN
BAB 1 STUDI PSIKOLOGI PENDIDIKAN
Psikologi belajar-mengajar
Pemanfaatan psikologi pendidikan di sekolah-sekolah
Relevansi psikologi pendidikan
Apakah psikologi dapat meyakinkan kita?
Analisis psikologi terhadap pilihan vokasional
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 2 PENDIDIKAN DISEKOLAH
Pendidikan Penyesuaian hidup
Mengapa pendidikan itu absolut
Perbedaan individual
Pendidikan bagi anak terbelakang mental
Program pendidikan untuk anak berbakat
Program pendidikan anak daerah terpencil
Pendidikan bagi anak dari keluarga miskin
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 3 GURU DAN BELAJAR MENGAJAR
Guru sebagai pribadi kunci
Peran guru sebagai pengajar dan pembimbing
Kepribadian guru sebagai factor utama dalam belajar
Ciri-ciri guru yang efektif
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAGIAN KEDUA MEDOEL DASAR PENGAJARAN
BAB 4 HAKIKAT DAN TEORI BELAJAR
Hakikat proses belajar
Teori belajar
Pendayagunaan belajar
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 5 POLA DASAR PENGAJARAN
Pengertian mengajar
Konsep pola dasra mengajar aspek belajar mengajar
Media pendidikan
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 6 TUJUAN PENGAJARAN
Tujuan sekolah dan tujuan instruksional
Tujuan perilaku
Deskripsi tugas
Analisis tugas
Klasifikasi perilaku menurut Cagne
Klasifikasi perilaku menurut Bloom
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
Bagian Ketiga PERKEMBANGAN SISIWA
BAB7 DASASR-DASAR PERKEMBANGAN
Hakikat perkembangan
Prinsiop perkembangan
Teori lingkungan hidup
Perkwembangan intelegensi
Anak yang cerdas dan yang lamban
Perkembangan emosi
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 8 ANAK SEBAGAI SISWA
Karakteristik masa kanak-kanak
Factor psikologis dalam transaksi belajar mengajar
Anak SD
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 9 REMAJA SEBAGAI SISWA
Karakteristik masa remaja]
Kebutuhan dasar rwemaja
Remaja dalam lingkungan belajar mengajar
Perkembangan karaklter dan masalah remaja
Rangkman
Pertanyaan dan tugas
Bagian Keempat PROSEDUR BELAJAR MENGAJAR
BAB 10 BELAJAR DAN MENGAJARKAN PERILAJKU
Belajar dan mengajarkan pengetahuan
Belajar dan mengajarkan keterampilan
Belajar dan mengajar memecahkan maslah dan kreativitas
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB11 PENGALAMAN BELAJAR
Pengajaran kelompok
Pengajran individual
Rangkuman pertanyaan dan tugas
BAB 12 MOTIVASI BELAJAR
Konsep dan ciri motivasi
Motivasi belajar remaja
Prinsip motivasi
Teknik memotivasi berdasarkan teori kebutuhan
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
Bagian kelima BIMBINGAN DAN PENILAIAN PERILAKU
BAB 13 BIMBINGAN DAN BELAJAR
Kebutuhan akan bimbuingan
Pengertian bimbingan
Bimbingan disekolah
Bimbingan dan belajar mengajar
Tujuan bimbingan belajar
Fungsi bimbingan belajar
Peran guru kelas
Peran ahli bimbingan
Teknik bimbingan mengajar
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
BAB 14 Pengertian penilaian
Fungsi dan tujuan penilaian
Asas penilaian
Syarat alat ukur
Penilaian pengetahuan
Penilaian perilaku keterampilan
Penilaian sikap
Rangkuman
Pertanyaan dan tugas
DAFTAR PUSTAKA
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar