Judul Buku | : | MOTOR BENSIN MODERN | |
Pengarang | : | Wahyu Hidayat, S.T. | |
Penerbit | : | Rineka Cipta | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 269 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 23 | |
Berat | : | 400 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 70,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 59,500 | |
Stock | : | 1 |
MOTOR BENSIN MODERN
Pengarang : Wahyu Hidayat, S.T.
Penerbit : Rineka Cipta
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I MOTOR BENSIN JENIS OHV DAN OHC
- Motor Bensin
Kepala silinder (cylinder head)
Bloksilinder (cylinder block)
Poros Engkol (Crank Shaft)
Piston dan batang piston (connecting rod)
Roda Penerus (fly wheel)
- Prinsip Kerja Motor Bensin
Dasar kerja motor empat langkah
Diagram tekanan terhadap volume
Pengaturan kerja katup isap dan katup Buang
- Dasar Teori Motor Bensin
Volume silinder
Perbandingan kompresi
Efisiensi volumetrik silinder
Efisiensi pemasukan udara dan bahan Bakar
Efisiensi kerja motor
Daya Kerja Motor
Daya spesifik motor
- Motor Bensin Jenis OHV (over head valve)
- Motor Bensin Jenis OHC (over head camshaft)
Peranan poros cam (cam shaft)
Pelawk (rocker arm)
Saluran masuk dan salu ran buang
BAB II PERKEMBANGAN TEKNOLOGJ MOTOR OHC/SOHC
- Motor Jenis OHC/SOHC (single over head camshaft)
- Penghubung/1erantara Penggerak Cam Shaft
Motor jenis twin cam (poros cam ganda)
Motor jenis DOFIC (double over head camshaft)
Perbandingan Prestasi Kerja Motor OHC versi DO11C
- Poros Cam dan Mekanik Katup
Penyimpangan Pembukaan dan Penutupan Katup
Poros Cam Motor Twin Cam dan DOHC
Mekanik Katup dan Kelengkapannya
- Modifikasi Poros Cam Motor Balap (Race Sport)
Derajat Kerja Katup/LSA (Lobe Separation Angle)
- Mekanisme Katup Desmodromique versi Pneumatik
Valve Desmodromique System
Valve Pneumatik System
BAB III SISTEM BAHAN BAKAR ELEKTRONIK
- Dasar Sistem Injeksi Bahan Bakar
- Sistem Bahan Bakar Elektronik
Sistem Dasar EF1 (Electronic Fuel Injection)
Komponen Dasar EFI
Keunggulan Sistem
- Sistem Injeksi Bahan Bakar EFI
Jenis Sistem EFI
- Aliran Bahan Bakar Sistem EFI
Sistem Aliran Bahan Bakar (Fuel Flow System)
Sistem Induksi Udara (Air Induction System)
Sistem Kontrol Elektronik (Electronic Control System)
BAB IV SISTEM PENGAPIAN ELEKTRONIK
- Dasar Pengapian Mesin
Sistem Pengapian Mesin
Koil Pengapian
Busi Penyala
Busi Irridium
- Sistem Pengapian Elektronik
Sistem Pengapian `Transistor
Modern Modul Pengapian Elektronik
- Sistem Pengapian CDI (Capacitor Discharge Ignition)
Unit Rangkaian CDI
Sistem Kerja CDI
PuLser
- Dirt Bike Pengapian CDI Unit
Programmable Digital Ignition CDI/TCI
Programmable CDI
TO Programmable Ignition (Pengapian Koil Transistorised)
- Pengapian Sistem i-DSI (Intelligent-Dual Squential Ignition)
Operasi Dual PengapianSquential/Pengaturan
Top Torsi terhadap Efisiensi Kerja
Prestasi Pengapian i-DSI
- Bajaj Pulsar DTS-I (Digital Twin Sparkignition)
Teknologi Pengapian DTS-I
Keistimewaan DTS-FI (DTS-Ftiel Injection)
BAB V TEKNOLOGI MESIN VVT-i DAN VTEC
- Teknologi VVT-i (Variable Valve Timing-intelligen)
Sistem Teknologi VVT-i
Sistem Mesin VVT-i
Waktu Katup (Valve Timing)
Kendali Komputer
Cara Kerja Mesin VVT-i
- Teknologi VTEC (Variable Timing Electronic Control)
Mekanisme Katup Sistem VTEC
Mekanisme Katup Sistem VTC
Mekanisme Katup Sistem i-v,rEC
BAB VI SISTEM PELUMAS MESIN
- Dasar Pelumasan Mekan.ik Mesin
- Minyak Pelumas
Kekentalan Minyak Pelumas
Klasifikasi Viscositas Oli Mesin Berdasarkan Indek SAE
Klasifikasi Minyak Pelumas Menurut Kualitas API
Perbedaan Oli Motor Bensin Dengan Motor Diesel
- Sistem Pelumas Mesin
Pelumasan Mesin Sistem Tekan
Pelumasan Mesin Jenis Panci Basah (Wet Sump Type)
Pelumasan Mesin Jenis Panci Kering (Dry Sump Type)
- Panas Mesin Berlebihan (Overheat Engine)
- Mengenal dan Memilih Oli Mesin
BAB VII SISTEM PENDINGINAN MESIN
Prinsip Pendinginan Mesin
Sistem Pendinginan Air pada Mesin
Komponen Sistem Pendinginan Air
DAFTAR PUSTAKA
BIODATA PENULIS
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar