Judul Buku | : | Rekayasa Perangkat Lunak | |
Pengarang | : | Janner Simarmata | |
Penerbit | : | ANDI | |
Cetakan | : | Edisi 1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 420 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 23 | |
Berat | : | 600 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 86.000 | Diskon 15% |
Bayar | : | Rp 73.100 | |
Stock | : | 1 |
Rekayasa Perangkat Lunak
Pengarang : Janner Simarmata
Penerbit : ANDI
Daftar Isi
Bab I Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak
1.1 Pendahuluan
1.2 Sejarah Singkat Perangkat Lunak
1.2.1 1945 - 1965: Awal
1.2.2 1965 - 1985: Krisis Perangkat Lunak
1.2.3 1985 - 1989: Tidak Ada Senjata Pamungkas
1.2.4 1990 - 1999: Informasi Superhighway
1.2.5 2000 - Sekarang: Metodologi
1.3 Apa itu Rekayasa Perangkat Lunak?
1.4 Dampak Rekayasa Perangkat Lunak
1.5 Peran-Peran dalam Rekayasa Perangkat Lunak
1.6 Disiplin Rekayasa Perangkat Lunak
1.6.1 Rekayasa Perangkat Lunak sebagai Disiplin Komputasi
1.6.2 Rekayasa Perangkat Lunak sebagai Disiplin Teknik
1.7 Perangkat Lunak Menurut jenis
1.7.1 Perangkat Lunak Antivirus
1.7.2 Perangkat Lunak Bebas
1.7.3 Perangkat Lunak Bisnis
1.7.4 Perangkat Lunak Desain Grafis
1.7.5 Perangkat Lunak Grafik 3D
1.7.6 Perangkat Lunak Grafis
1.7.7 Perangkat Lunak Jaringan
1.7.8 Perangkat Lunak Kompresi Data
1.7.9 Perangkat Lunak Musik
1.7.10 Perangkat Lunak Pembaca Gambar
1.7.11 Perangkat Lunak Statistika
1.7.12 Pengembang Perangkat Lunak
1.8 Rangkuman
Bab II Evolusi Strategi Pengembangan Perangkat Lunak
2.1 Pendahuluan
2.2 Menghadapi Tantangan pada Pengembangan Perangkat Lunak
2.2 Menghadapi Tantangan pada Pengembangan Perangkat Lunak
2.3 Pandangan Pesaing Pengembangan Perangkat Lunak
2.4 Rekayasa Perangkat Lunak
2.5 Proses dan Model
2.6 Kemajuan pada Strategi Rekayasa Perangkat Lunak
2.6.1 Era Isolasi Manajemen
2.6.2 Era Rekayasa Perangkat Lunak Tradisional
2.6.3 Era Bisnis Evaluasi dari Rekayasa Perangkat Lunak
2.6.4 Era Kedewasaan: Era dari Rekayasa Perangkat Lunak yang Dikendalikan Bisnis
2.7 Karakteristik dari Pengembangan Perangkat Lunak Masa Kini
2.8 Rangkuman
Bab III Model-Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak
3.1 Pendahuluan
3.2 Model Pengembangan Air Terjun
3.2.1 Desain Tingkat Tinggi (High Level Design [HLD])
3.2.2 Desain Tingkat Renclah (Low Level Design [LLD])
3.2.3 Tahap Pengodean
3.2.4 Unit Tes
3.2.5 Uji Komponen
3.2.6 Uji Tingkat Sistem
3.2.7 Program Awal untuk Pelanggan
3.3 Pendekatan Prototipe
3.3.1 Rapid Throwaway Prototyping
3.3.2 Prototipe Evolusioner
3.4 Model Spiral
3.5 Model Proses Pengembangan Iteratif
3.6 Proses Pengembangan Berorientasi Objek
3.7 Metodologi Cleanroom
3.8 Proses Pencegahan Kerusakan
3.9 Proses Kematangan Framework dan Standar Kualitas
3.9.1 Proses SEI Model Kematangan Kemampuan
3.9.2 Penilaian SPR
3.9.3 Penilaian Malcolm Baldrige
3.9.4 ISO 9000
3.10 Rangkuman
Bab IV Kebutuhan Perangkat Lunak
4.1 Pendahuluan
4.2 Aktivitas-Aktivitas Kebutuhan di dalam Siklus Hidup Sistem
4.2 Aktivitas-Aktivitas Kebutuhan di dalam Siklus Hidup Sistem
4.3 Investasi di dalam Proses Kebutuhan
4.4 Rencana Kebutuhan
4.5 Konteks Rekayasa Kebutuhan
4.6 Visi untuk Rekayasa Kebutuhan
4.6.1 Bagaimana Cara Kita Mendukung PM?
4.6.2 Bagaimana Cara Kita Mendukung Pelanggan?
4.6.3 Bagaimana Cara Kita Mendukung Pengembang? ,
4.7 Apa itu Rekayasa Kebutuhan?
4.8 Tugas-Tugas yang Terlibat di dalam Rekayasa Kebutuhan
4.9 Standar IEEE/ANSI 830-1993 untuk Dokumen Kebutuhan ,
4.10 Analisis Kebutuhan Perangkat Lunak
4.10.1 Analisis Kebutuhan
4.10.2 Pengalaman Praktis
4.10.3 Komunikasi yang Baik
4.10.4 Mengetahui "Apa"
4.10.4 Mengetahui "Apa"
4.10.5 Gunakan Istilah yang Sederhana
4.10.6 Terbuka dengan Langkah yang Dilakukan
4.10.7 Menampilkan Contoh Nyata
4.11 Rangkuman
Bab V Metode dan Tool Rekayasa Perangkat Lunak
5.1 Pendahuluan
5.2 Tool Rekayasa Perangkat Lunak
5.2.1 Tool Kebutuhan Perangkat Lunak
5.2.2 Tool Perancangan Perangkat Lunak
5.2.3 Tool Konstruksi Perangkat Lunak
5.2.4 Tool Pengujian Perangkat Lunak
5.2.5 Tool Pemeliharaan Perangkat Lunak
5.3 Tool Manajemen Konfigurasi Perangkat Lunak
5.4 ool Manajemen Rekayasa Perangkat Lunak
5.5 Tool Proses Rekayasa Perangkat Lunak
5.6 Tool Kualitas Perangkat Lunak
5.7 Isu Tool yang Beraneka Ragam
5.8 Metode-Metode Rekayasa Perangkat Lunak
5.8.1 Metode Heuristik
5.8.2 Metode Formal
5.8.3 Metode Pembuatan Prototipe
5.9 Rangkuman
Bab VI Organisasi Model Kematangan dari CMM
6.1 Pendahuluan
6.2 Kelima Tingkatan CMM
6.3 Manfaat dari Pendekatan CMM
6.4 Fitur Umum dari Key Process Area
6.4.1 Tujuan
6.4.2 Komitmen untuk Melakukan
6.4.3 Kemampuan untuk Melakukan
6.4.4 Kegiatan-Kegiatan yang Dilakukan
6.4.5 Mengukur dan menganalisis
6.4.6 Pembuktian Implementasi
6.5 Konsep Proses Utama dari CMM
6.5.1 Definisi Proses Perangkat Lunak
6.5.2 Konsep Definisi Proses
6.5.3 Standar Organisasi Proses Perangkat Lunak
6.5.4 Arsitektur Proses Perangkat Lunak
6.5.5 Elemen Proses Perangkat Lunak
6.5.6 Produk Perangkat Lunak
6.6 CMMI (Capability Maturity Model Integration)
6.7 Rangkuman
Bab VII Manajemen Proyek untuk Perangkat Lunak
7.1 Pendahuluan
7.2 Apa itu Proyek?
7.3 Apa itu Manajemen Proyek?
7.4 Sisi Manusia dari Manajemen Proyek
7.4.1 Orang-Orang yang Tepat
7.4.2 Tipe Manajemen yang Tepat
7.5 Langkah-Langkah dalam Mengelola Sebuah Proyek
7.6 Sistem Manajemen Proyek
7.7 Faktor Manusia
7.8 Metode-Metode
7.8.1 Kebudayaan
7.8.2 Organisasi
7.8.3 Perencanaan
7.8.4 Informasi
7.8.5 Pengendalian
7.9 Rangkuman
Bab VIII Asumsi Manajemen Proyek
8.1 Pendahuluan
8.2 Asumsi yang Tersembunyi
8.3 PMBOK
8.4 Cakupan Manajemen
8.4.1 Kapan Sebaiknya Definisi Cakupan Terjadi?
8.5 Manajemen Waktu
8.5.1 Definisi Aktivitas
8.5.2 Mengapa Proyek Perangkat Lunak Bisa Gagal?
8.5.3 Pembagian Aktivitas
8.5.4 Perkiraan Durasi Aktivitas
8.5.5 jumlah Berdasarkan Durasi
8.5.6 Analogi Perkiraan
8.5.7 Pengujian AN
8.5.8 Jadwal Pengembangan
8.6 Manajemen Biaya
8.6.1 Perencanaan Sumber Daya
8.6.2 Dokumentasi Perangkat Lunak
8.6.3 Produktivitas Pengembang
8.6.4 Perkiraan Pengeluaran
8.7 Manajemen Kualitas
8.7.1 Metrik
8.7.2 Daftar Periksa
8.8 Manajemen Risiko
8.8.1 Menerima Risiko
8.8.2 Peminclahan Risiko
8.8.3 Penolakan Risiko
8.8.4 Menghadapi Risiko
8.9 Rangkuman
Bab IX Tim Perangkat Lunak
9.1 Pendahuluan
9.2 Pengembangan Perangkat Lunak sebagai Kegiatan Tim
9.3 Keahlian Tim yang Dibutuhkan untuk Menghasilkan Manajemen Kebutuhan yang Efektif
9.4 Anggota Tim Memiliki Keahlian yang Berbeda-Beda
9.5 Pengorganisasian Tim-Tim Perangkat Lunak
9.6 Orang-Orang dan Rekayasa Perangkat Lunak
9.7 Latar Belakang Multidisiplin Ilmu
9.8 Pentingnya Orang-Orang di dalam Proses Pemecahan Masalah
9.8.1 Peran Pengguna pada Definisi Masalah
9.9 Rekayasa Perangkat Lunak Human-Driven
9.10 Faktor Manusia untuk Aspek-Aspek Multidisplin
9.10.1 Orang-Orang sebagai Manajer Proyek
9.10.2 Faktor Tim
9.10.3 Faktor Pelanggan
9.11 Rangkuman
Bab X Kualitas Perangkat Lunak
10.1 Pendahuluan
10.2 Pengukuran Faktor-Faktor Produk Perangkat Lunak
10.3 Dasar-Dasar Kualitas Perangkat Lunak
10.3.1 Etika dan Kultur Rekayasa Perangkat Lunak
10.3.2 Nilai dan Biaya Kualitas
10.3.3 Model dan Karakteristik Kualitas
10.3.3.1 Kualitas Proses Perangkat Lunak
10.3.3.2 Kualitas Produk Perangkat Lunak
10.3.4 Perbaikan Kualitas
10.4 Proses-Proses Manajemen Kualitas Perangkat Lunak
10.5 jaminan Kualitas Perangkat Lunak
10.6 Verifikasi dan Validasi
10.7 Review dan Audit
10.7.1 Review Manajemen
10.7.2 Review Teknis
10.7.3 Inspeksi
10.7.4 Walk-through
10.7.5 Audit
10.8 Kebutuhan Kualitas Perangkat Lunak
10.8.1 Faktor-Faktor yang Memengaruhi
10.8.2 Keterkaitan
10.8.3 Tingkat Integritas Perangkat Lunak
10.9 Peran Kerusakan/Kecacatan
10.10 Teknik-Teknik Manajemen Kualitas Perangkat Lunak
10.10.1 Teknik-Teknik Statis
10.10.2 Teknik-Teknik People-Intensive
10.10.3 Teknik Analitis
10.10.4 Teknik-Teknik Dinamis
10.10.5 Pengujian
10.11 Pengukuran Kualitas Perangkat Lunak
10.12 Metrik Perangkat Lunak
10.13 Metrik Kualitas Perangkat Lunak
10.14 Menempatkan Kualitas Perangkat Lunak pada Perencanaan Proyek
- 14.1 Keutamaan Kualitas Perangkat Lunak
- 14.2 Mendefinisikan Kualitas Perangkat Lunak
10.15 Rangkuman
Bab XI Pengujian Perangkat Lunak
11.1 Pendahuluan
11.2 Konsep Pengujian Perangkat Lunak
11.3 Manajemen Pengujian Perangkat Lunak
11.4 Proses-Proses Pengujian
11.5 Proses Pengujian Awal
11.6 Proses Pengujian Akhir
11.7 Jenis-jenis Pengujian
- 7.1 Klasifikasi Black Box Testing
- 7.2 Klasifikasi White Box Testing
11.8. Rangkuman
Bab XII Pemeliharaan Perangkat Lunak
12.1 Pendahuluan
12.2 Definisi
12.3 Kategori-Kategori Pemeliharaan Perangkat Lunak
12.4 Biaya dan Tantangan
12.5 Model-Model
12.6 Proses-Proses
12.6.1 IEEE-1219
12.6.2 ISO-12207
12.7 Proses Pemeliharaan
12.8 Rekayasa Balik
12.9 Rekayasa Ulang
12.10 Sistem-Sistem Warisan
12.11 Rangkuman
Bab XIII Komponen Perangkat Lunak
13.1 Pendahuluan
13.2 Evolusi clari Komponen Perangkat Lunak
13.3 Mengapa Komponen Perangkat Lunak Guna Ulang ituDenting?
13.4 Apakah Komponen Perangkat Lunak itu?
13.5 Properti Komponen Perangkat Lunak dalam CBSE
13.6 Elemen Dasar dalam Komponen Perangkat Lunak
13.7 Modul Perangkat Lunak versus Komponen Perangkat Lunak dalam CBSE
13.8 Proses Rekayasa untuk Komponen Perangkat Lunak
13.9 Pertanyaan, Perhatian, dan Keperluan pada Kontrol Kualitas dan Validasi Komponen
13.10 Rangkuman
Daftar Istilah
Daftar Pustaka
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar