Judul Buku | : | Administrasi Pendidikan | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Engkoswara, M.Ed. – Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd. | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-4 | |
Tahun Terbit | : | 2015 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 322 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 | |
Berat | : | 500 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 55,000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 44,000 | |
Stock | : | 1 |
Administrasi Pendidikan
Pengarang : Prof. Dr. H. Engkoswara, M.Ed. – Dr. Hj. Aan Komariah, M.Pd.
Penerbit : Alfabeta
DAFTAR ISI
BAGIAN 1
KONSEP DASAR PENDIDIKAN
- Pendahuluan
- Perkembangan Ilmu Pendidikan di Indonesia
- Latar Belakang Historis
- Pendidikan dan Ilmu Pendidikan
- Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial Dasar
- Ilmu Pendidikan di Indonesia
- Teori-teori yang Digunakan
BAGIAN 2
PRODUKTIVITAS PENDIDIKAN
- Pendahuluan
- Langkah Permulaan ke Arah Studi Tentang Produktivitas Pendidikan
- Rasional
- Apakah Sistem Pendidikan Kita Sekarang Produktif
- Di Mana Masalah Rendahnya Produktivitas Pendidikan Yang Paling Kritis?
- Adakah Jalan-jalan untuk Meningkatkan Produktivitas Pendidikan?
- Produktivitas Pendidikan Masalah yang Strategik
- Konsep Dasar Produktivitas Pendidikan
- Pengertian Produktivitas
- Poduktivitas Pendidikan
- Faktor-faktor yang Mempengaruhi Produktivitas
- Pengukuran Produktivitas
BAGIAN 3
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
- Administrasi Pendidikan Suatu Altematif
- Landasan Pemikiran
- Konsep Administrasi Pendidikan
- Pendekatan Perspektif Terpadu
- Pola Dasar Pengadministrasian Pendidikan
- Pola Dasar Pendidikan Secara Makro
- Pola Dasar Pendidikan Secara Mesa
- Pola Dasar Pendidikan Secara Mikro
BAGIAN 4
MODEL ADMINISTRASI PENDIDIKAN
- Pengembangan Sistem
- General Systems Theory
- Munculnya Pendekatan Sistem
- Konsep Dasar Sistem
- Pengertian Sistem
- Karakteristik Sistem
- Klasifikasi Sistem
- Kibernetika (Cybernetics) dalam Mendekatkan Sistem
- Pengertian
- Cabang-cabang Kibernetika
- Pengaturan Sendiri dan Adaptasi dalam Kibernetika
- Model, Pengukuran, dan Metodologi Sistem
- Model-model dalam Pendekatan Sistem
- Pengukuran dalam Pendekatan Sistem
BAGIAN 5
MANAJEMEN PENDIDIKAN
- Pengertian Manajemen dan Manajemen Pendidikan
- Pengertian Manajemen
- Pengertian Manajemen Pendidikan
- Tujuan Manajemen Pendidikan
- Pendekatan-pendekatan Manajemen
- Prinsip Manajemen
- Fungsi Manajemen
- Proses Manajemen
- Merencanakan
- Mengorganisasikan
- Memimpin
- Mengendalikan
- Perkembangan Pemikiran Manajemen
- Teori Manajemen Ilmiah
- Manajemen Organisasi Klasik atau Manajemen Operasional
Modern
- Aliran Perilaku
- Pendekatan Sistem
- Pendekatan Kontingensi atau Pendekatan Situasional
BAGIAN 6
SISTEM INFORMASI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN
- Sistem Informasi dan Pengambilan Keputusan
- Sistem Informasi
- Hubungan Antara Data dan Informasi
- Sistem Informasi
- Kebutuhan Informasi bagi Kejelasan Hubungan dalam Struktur Organisasi
- Pengambilan Keputusan
- Pengertian Sistem Pengambilan Keputusan
- Mengenal Masalah dan Pembuatan Keputusan
- Pentingnya Pengambilan Keputusan dalam Manajemen
- Sistem Informasi untuk Pengambilan Keputusan
- Prinsip-prinsip Pembuatan Keputusan
- Tipe Keputusan
- Model-model Pembuatan Keputusan
- Teknik-teknik Pembuatan Keputusan
- Pengaruh Kognitif Atas Pengambilan Keputusan
- Teori-teori PengambilanKeputusan
- Sistem Bantuan dan Keputusan
BAGIAN 7
PERENCANAAN PENDIDIKAN
- Pengertian Perencanaan
- Tujuan Perencanaan
- Pendekatan Perencanaan
- Prinsip-prinsip Perencanaan
- Jenis dan Lingkup Perencanaan
- Tahapan Perencanaan
- Merumuskan Visi, Misi, dan Nilai Lembaga
- Analisis Lingkungan Strategic
- Faktor-faktor Kunci Keberhasilan
- Tujuan dan Sasaran
- Strategi (Kebijakan, Program, Kegiatan)
- Evaluasi Kinerja
BAGIAN 8
ORGANISASI
- Pengertian Organisasi
- Organisasi Sebagai Suatu Sistem
- Fondasi-fondasi Organisasi
- Perumusan Tujuan Organisasi
- Pembagian Kerja/Tugas
- Koordinasi
- Pelimpahan Wewenang
- Rentangan Kontrol
- Jenjang Organisasi
- Fleksibilitas
- Proses Pengorganisasian
- Hierarki Organisasi
- Objek, Strategi, dan Taktik dalam Organisasi
- Objek Organisasi
- Taktik Organisasi
- Lingkungan dan Dinamika Organisasi
- Lingkungan Organisasi
- Perubahan dalam Organisasi
- Organisasi dan Perubahan Teknologi
- Dampak Teknologi Organisasi Manajemen
- Organisasi adalah Dinamis
- Konflik dalam Organisasi
- Kekuasaan dalam Organisasi
- Pengertian Kekuasaan
- Strategi dalam Menjinakkan Kekuasaan dan Kewenangan
- Perkembangan Teori Organisasi
BAGIAN 9
KEPEMIMPINAN
- Definisi Kepemimpinan
- Keterampilan Kepernimpianan
- Pendekatan Kepemimpinan
- Pendekatan Teori Sifat Pemimpin
- Pendekatan Perilaku Pemimpin
- Pendekatan Kontingensi
- Perubahan Sosial dan Gaya Kepemimpinan
BAGIAN 10
KOMUNIKASI
- Pengertian Komunikasi
- Unsur-unsur dan Proses dalam Komunikasi
- Bentuk Komunikasi
- Komunikasi Personal
- Komunikasi Kelompok
- Pesan dan Gangguan dalam Komunikasi
- Informasi Pesan dalam Komunikasi
- Gangguan atau Noise dalam Komunikasi
- Teknologi Informasi dalam Komunikasi
- Teknologi Informasi
- Permasalahan-permasalahan dalam Teknologi Informasi
BAGIAN 11
MOTIVASI
- Pengertian Motivasi dan Motif
- Tujuan Motivasi
- Prinsip-prinsip Motivasi
- Prinsip Kompetisi
- Prinsip Pemacu
- Prinsip Ganjaran dan Hukuman
- Kejelasan dan Kedekatan Tujuan
- Pemahaman Hasil
- Pengembangan Minat
- Lingkungan yang Kondusif
- Keteladanan
- Jenis dan Teori Motivasi
- Jenis Motivasi
- Teori Motivasi
- Faktor-faktor Motivasi
- Teknik-teknik Motivasi
BAGIAN 12
PENGAWASAN
- Konsep Dasar Kepengawasan
- Pengertian Pengawasan
- Istilah-istilah yang Terkait dengan Pengawasan
- Proses Pengawasan
- Tujuan Pengawasan
- Fungsi Pengawasan
- Prinsip Ker a Pelaksanaan Pengawasan
- Manfaat Pengawasan
- Jenis Pengawasan
- Pengawasan dalam Bidang Pendidikan
- Definisi Pengawas
- Tugas dan Tanggung Jawab Pengawas
- Fungsi Pengawas
- Kualifikasi Pengawas
- Jenis Pengawas
- Supervisi Pendidikan dalam Praktik Pengawasan
- Konsep Dasar Supervisi Pendidikan
- Sasaran Supervisi Pendidikan
- Fungsi-fungsi Supervisi Pendidikan
- Teknik-teknik Supervisi Pendidikan
- Dialog Profesional Penjaminan Mutu
- Pentingnya Dialog
- Mengapa Harus Dialog?
- Apa Ise Dialog?
- Bagaimana Melakukan Dialog yang Efektif
- Adakah Mekanisme yang Bisa Dikembangkan?
BAGIAN 13
ADMINISTRASI PENDIDIKAN DALAM PRAKTIK
- Pendahuluan
- Dasar, Tujuan, dan Penilaian Pendidikan
- Dasar dan Tujuan Pendidikan
- Penilaian Pendidikan
- Peserta Didik
- Perkembangan Jumlah Murid Sekolah Dasar
- Perkembangan Jumlah Siswa SMTP
- Perkembangan Jumlah SMTA
- Perkembangan Jumlah Mahasiswa
- Ketenagaan
- Jumlah Guru SD
- Jumlah Guru SMTP
- Jumlah Guru SMTA
- Jumlah Guru/Tenaga Edukatif pada Perguruan Tinggi
- Kurikulum, Strategi Belajar Mengajar, Bimbingan dan Penyuluhan, dan Fasilitas Pendidikan
- Kurikulum
- Strategi Belajar Mengajar
- Bimbingan dan Penyuluhan
- Fasilitas Pendidikan
- Organisasi Pendidikan
- Jalur Pendidikan Luar Sekolah
- Struktur Organisasi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
BAGIAN 14
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT)
- Konsep Desentralisasi Pendidikan
- Definisi Manajemen Berbasis Sekolah
- Esensi Manajemen Berbasis Sekolah
- Tujuan Manajemen Berbasis Sekolah
- Prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah
- Pelaksanaan Manajemen Berbasis Sekolah
- Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah
- Peningkatan Kontribusi dan Partisipasi Masyarakat
- Dewan Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah
- Pengertian dan Fungsi Dewan Sekolah
- Tujuan Dewan Sekolah/Komite Sekolah
- Peran dan Fungsi Komite Sekolah
BAGIAN 15
MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN
- Konsepsi tentang Mutu
- Pengertian Mutu
- Karakteristik Jasa/Barang Bermutu
- Mutu Manajemen Pendidikan
- Standar Mutu Pendidikan
- Manajemen Mutu Pendidikan
DAFTAR PUSTAKA
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar