![](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgdwaM9oEFlo5dI-Fd5o9dTVTmh26AGz2Q0FhgBNjmj0yC9JVhwTkp76v_X59Lcz9FfUVQdx-ouOB5XwGzMj-nieoksbU9E-TFTWjG58xkKVQFGfSniuYEtitbwd2YmfJH-ep3KqfvEeQn_/s200/Brain+Based+Learning.jpg)
Judul | : | BRAIN BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN OTAK) | |
Pengarang | : | Eric Jensen | |
Penerbit | : | Pustaka Pelajar | |
ISBN | : | 978-602-8300-44-5 | |
Cetakan Ke | : | 1 | |
Tahun Terbit | : | 2008 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xxii + 600 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 24 cm | |
Berat | : | 900 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 90.000 | discont 20% |
Bayar | : | Rp. 72.000 | |
Stock | : | 0 |
BRAIN
BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS KEMAMPUAN OTAK)
Cara Baru Dalam Pengajaran dan Pelatihan
DAFTAR ISI :
BAB 1. MEMIKIRKAN KEMBALI OTAK KITA
Ada Hutan Belantara di SanaBagaimana Segala Sesuatunya Berubah
Apakah Paham Perilaku Sudah Ketinggalan Zaman
Apakah yang Dimaksud dengan Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak?
Kritik Terhadap Gerakan Berbasis Kemampuan Otak
BAB 2. MENEMUKAN OTAK KITA
Pembelajaran Multijalur yang Kompleks adalah BiasaSetiap Otak itu Unik
Melihat Kembali Dialog Otak Kiri/ Kanan
Otak Kita yang Asimetris
Paradoks Kreativitas Otak Kiri
Paradoks Logika Otak Kanan
Penggunaan Tangan dan Pembelajaran
BAB 3. BAGAIMANA OTAK BELAJAR
Anatomi Dasar OtakEmpat Bagian Otak
Bagian Otak Tengah
Sel-Sel Otak
Mencerna Pembelajaran
Faktor-Faktor Pembelajaran
Tahap-Tahap Pembelajaran
BAB 4. SIKLUS BIO-KOGNITIF
Jam KerjaDua Siklus yang Menjalankan Otak Pembelajaran Kita
Bahkan Memori pun Bervariasi Menurut Waktunya
Siklus Pembelajaran dari Relaks ke Menjadi Aktif
"Denyut" Gaya Pembelajaran yang Terbaik bagi Otak
Otak Kita Perlu Banyak Istirahat
Waktu Tidur Menunjang Ingatan Jangka Panjang (Long-Term Memory)
BAB 5. LINGKUNGAN YANG OPTIMAL
Lingkungan PsikologisLingkungan Visual
Warna Dalam Lingkungan
Gambar-gambar Hidup yang Konkret
Dampak Periferal
Cahaya Dalam Lingkungan
Musim Dapat Mempengaruhi Pembelajaran
Suhu Optimal untuk Pembelajaran
Dehidrasi Mengganggu Pembelajaran
Dapatkah Tanaman Mempengaruhi Pembelajaran?
Aroma Dapat Meningkatkan Perhatian dan Pembelajaran
Dampak Ionisasi Negatif
Musik dan Kebisingan di Lingkungan
BAB 6. MEMPERSIAPKAN PEMBELAJARAN
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi SikapKeamanan Emosional
Peran Nutrisi dalam Pembelajaran
Beberapa Tips Nutrisi bagi Guru
Ketrampilan Pembelajaran Cara Belajar
Pembelajaran Secara Lebih Cepat dengan Pra-Pemaparan
Bagaimana Mind-Mapping Dapat Membantu Pembelajaran
Meningkatkan Pembelajaran Dengan Ilmu Pengetahuan Sebelumnya
Penetapan Sasaran Meningkatkan Kinerja
Keyakinan Agensi Personal
Pra-Visualisasi Mendorong Pembelajaran
Relaksasi Mendorong Pembelajaran
BAB 7. OTAK, GENDER DAN PEMBELAJARAN
Perbedaan yang Terkondisi Secara SosialPerbedaan-Perbedaan Biologis
Perbedaan-Perbedaan Fungsional
BAB 8. IKLIM PEMBELAJARAN TAK SADAR
Beberapa Pembelajaran Terjadi Secara OtomatisApa yang Kita Pelajari
Kekuatan Pembelajaran Tak Sadar
Otoritas dan Kredibilitas Guru
Kesesuaian Guru
Penampilan Guru
Pentingnya Sebuah Iklim yang Positif
Ekspektasi Pembelajar
Ketidakaktifan Kelas dan Keheningan yang Dipaksakan
Ketrampilan Berpikir
Kontrol Guru yang Ketat
Metode SAT (Suggest, Ask, Tell)
Pengaturan Tempat Duduk yang Terbaik dalam Ruangan
Menginspirasikan Motivasi yang Optimal
BAB 9. KONDISI ATENSIONAL
Bagaimana Mengaitkan Atensi OtakApa Saja Yang Mempengaruhi Atensi
Terlalu Banyak Atensi
Menciptakan Makna
Reaksi Kimiawi Atensi
Peran Tawa
Reaksi Kimiawi Aktivitas Fisik
Peralihan Atensi
Bagaimana Kita Mendengarkan
Kondisi Optimal Bagi Pembelajaran
Menyesuaikan Tantangan dan Penguasaan
Apa yang Dapat Dikatakan Gelombang Otak Kepada Kita
BAB 10. OTAK DAN KEUNIKAN
Menghargai Perbedaan Gaya PembelajaranKarakteristik Gaya Pembelajaran
Preferensi Input
Format-Format Pemrosesan
Filter-Filter Respons
Fleksibilitas Gaya Pembelajaran
Peringatan Untuk Gaya Pembelajaran
BAB 11. MEMPERKAYA OTAK
Neurogenesis Manusia itu Memungkinkan!Lima Kunci untuk Pengayaan
Apakah yang Baru dari Kebaruan?
Umpan Balik Mendorong Pembelajaran
Lebih Mengaktifkan Otak
BAB 12. PERAN GERAKAN DAN OLAHRAGA
Perkembangan Motorik dan PembelajaranPengungkapan Kode Serebral
Tumbuh Aktif
Pendidikan Fisik dan Pembelajaran
Bagaimana Aktivitas Fisik Mendorong Pembelajaran
Mengapa Bermain Menjadi Bagian dari Pembelajaran
Stimulasi Bagi Tubuh dan Pikiran
Fisiologi dan Postur Pembelajar Memengaruhi Pembelajaran
Bagaimana Relaksasi dan Stress Memengaruhi Pembelajaran
Konstribusi James Asher
Membangkitkan Ide
BAB 13. MENINGKATKAN KOGNISI
LingkunganKemauan dan Kehendak
Pengalaman Hidup
Gen
Pilihan Gaya Hidup
Mengajar Berpikir
Kekacauan dan Kebingungan Dapat Berguna Bagi Pembelajar
Apakah Sebetulnya Berpikir itu?
Gerakan Mata dan Berpikir
Pertanyaan Mendorong Pembelajaran yang Lebih Baik
Pola Jawaban Menunjukkan Cara Berpikir
Arti Penting Diskusi
Mengaktifkan Otak dengan Pemecahan Masalah
Pembelajaran Kompetitif atau Kooperatif
Peran Intuisi dalam Proses Berpikir
BAB 14. DIGERAKKAN OLEH EMOSI
Apa yang Kita Temukan Tentang Emosi Belakangan IniPeran Emosi Dalam Pembelajaran
Paradigma Baru: "Logika emosional"
Reaksi Kimia Emosi
Apakah Perasaan dan Emosi itu Sama?
Amigdala yang Menakjubkan
Tombol Panas dan Amigdala
Emosi dan Kondisi Tubuh-Pikiran
Cara Mengeluarkan Ekspresi
Perangkat Berpikir Emosi
Belajar Harus "Merasa Benar"
BAB 15. MEMORI DAN INGATAN
Bagaimana Memori Kita BekerjaDi Manakah Memori Kita Hidup
Potensiasi Jangka Panjang: Apakah Itu?
Zat Kimia yang Memengaruhi Memori
Memori Tergantung Pada Kondisi
Beberapa Aplikasi Praktis untuk Ingatan yang Lebih Baik
Apa yang Kita Maksud dengan Jalur-Jalur Memori?
Melibatkan Jalur Memori Berganda
Pengaruh-Pengaruh Lain pada Ingatan
Prinsip B E M
Lebih Banyak Memori, Penyimpanan dan Penemuan Ide
BAB 16. STRESS DAN ANCAMAN
Pembelajar yang Mengalami Distres (Hendaya)Otak yang Mengalami Distres (Hendaya)
Dampak Tekanan Sosial
Ketika Pembelajar Tak Mampu Merasakan Stres
Reaksi Terhadap Ancaman
BAB 17. MUSIK YANG MEMILIKI TUJUAN
Pengaruh Tubuh-PikiranOtak yang Musikal
Musik dan Pembelajaran
Pengaruh Musik Terhadap Suasana Hati dan Stres
Pilihan Musik Seperti Apa yang Paling Bermanfaat?
Musik Sebagai Pembawa Pesan ke Pikiran Tak Sadar
Menarik Perhatian Otak dengan "Concert Readings"
BAB 18. IMBALAN, MOTIVASI DAN KREATIVITAS
Kekeliruan Membeli PembelajarKetidakmampuan Belajar
Perubahan Dalam Otak
Berbagai Kondisi dan Keterpaksaan
Belajar Meninggalkan Ketidakmampuan Belajar
Bahaya Pujian yang Berlebihan
Motivasi dan Imbalan
Imbalan dan Otak Manusia
Pengaruh Merusak dari Imbalan
Beberapa Strategi Untuk Meningkatkan Motivasi Intrinsik
Perbuatan yang Diberi Imbalan Kehilangan Daya Tarik
Haruskah Anda Menggunakan Imbalan?
Alternatif untuk Penyuapan dan Imbalan
Apa yang Dikatakan Para Pendukung Sistem Imbalan
Mengganti Imbalan dalam Pembelajaran
BAB 19. MENCIPTAKAN MAKNA
Dua Jenis MaknaBiologi Makna
Apa yang Memicu Rasa Makna?
Relevansi
Emosi
Hubungan dengan Emosi
Konteks dan Pola
Deteksi Pola
Permainan-Peran dan Permainan (Games) yang Mengayakan Makna
Keragaman Peran Meningkatkan Pembelajaran
BAB 20. MENERAPKAN DISIPLIN DENGAN OTAK DALAM PIKIRAN
Sebuah Pendekatan Disiplin yang RealistikMencegah Masalah Disiplin
Kontrol yang Terlalu Ketat dapat Menjadi Bumerang
Dampak Ancaman Tak Kentara yang Terus Menerus
Tingkat Disiplin
BAB 21. MERENCANAKAN PEMBELAJARAN DENGAN OTAK DALAM PIKIRAN
Mengutamakan Pembelajar Terlebih DahuluPerencanaan Pelajaran Gaya Lama
Menyingkap Pembelajaran
Strategi-strategi Perencanaan Berbasis Kemampuan Otak
Tujuh Tahap Garis Besar Perencanaan Berbasis Kemampuan Otak
BAB 22. KELAS YANG BERBASIS KEMAMPUAN OTAK
Sekolah Sebagai Komunitas PembelajaranEsensi dari Pembelajaran Berbasis Kemampuan Otak
BAB 23. KURIKULUM DENGAN OTAK DALAM PIKIRAN
Kurikulum yang Sesuai Kemampuan OtakKefasihan Sosial
Pengembangan Pribadi
Ekspresi Artistik
Literasi Informasi
Tuntunan Ilmiah
Saran-saran untuk TK sampai Kelas 5
Saran-saran Untuk Kelas 6 sampai 12+
BAB 24. MEMIKIRKAN KEMBALI PENILAIAN
Apa yang Tidak BekerjaKesalahan-Kesalahan yang Harus Dihindari
Ikhtisar Penilaian Berbasis Kemampuan Otak
Muatan/ Konten
Emosi
Konteks
Pemrosesan
Pengejawantahan
27 Ide untuk Menilai Pembelajaran Autentik
Memfokuskan pada Umpan Balik
Meningkatkan Nilai Ujian
BAB 25. REFORMASI BERBASIS KEMAMPUAN OTAK
Gambaran yang BesarLibatkan Para Siswa dalam Reformasi
Tujuh Langkah Menstransformasikan Sekolah Anda Menjadi Sebuah Organisasi Pembelajaran
Sekolah Anda Bersahabat dengan Otak
Menilai Komunitas Pembelajaran
Menjadi Pakar Tingkat Lokal
APPENDIKS
BIBLIOGRAFI
TENTANG PENULIS
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar