BELAJAR UNTUK MENGAJAR LEARNING TO TEACH
Pengarang:
Richard I. Arends
Penebrit:
Salemba Empat
DAFTAR ISI
BAB 1 LANDASAN ILMIAH UNTUK SENI MENGAJAR
Perspektif
historis pengajaran
Harapan-harapan
peran di zaman dahulu
Perspektif
mengenai pengajaran efektif untuk abad ke-21
Belajar untuk
mengajar
Refleksi dari
kelas
Ringasan
Pembelajaran
interaktif dan terapan
Portofolio dan
aktivitas pengelaman lapangan
BAB 2 PEMBELAJARAN SISWA YANG KELAS BERAGAM
Perspektif dan
ikhtisar
Dukungan
teoretis dan empiris
Pengecualian
Kebudayaan,
suku dan ras
Perbedaan
kepercayaan
Keberagaman
bahasa
Perbedaan
gender
Perbedaan-perbedaan
kelas social
Beberapa
pemikiran akhir dan masalah-masalah seluruh sekolah
Refleksi dari
kelas
BAGIAN 3 ASPEK-ASPEK KEPEMIMPINAN DARI MENGAJAR
BAB 3 PERENCANAAN GURU
Perspektif
perencanaan
Dukungan
teoretis dan empiris
Wilayah-wilayah
perencanaan
Seluk beluk
perencanaan
Perencanaan
waktu dan tempat
Pemikiran
akhir mengenai perencanaan
Refleksi dari
kelas
Ringasan
Pembelajaran
interaktif dan terapan
Portofolio dan
aktivitas pengelaman lapangan
BAB 4 KOMUNITAS BELAJAR DAN MOTIVASI SISWA
Perspektif
mengenai kelas sebagai komunitas belajar
Dukungan
teoretis dan empiris
Strategi-strategi
untuk memotivasi siswa dan membangun komunitas belajar yang produktif
Refleksi dari
kelas
Ringasan
Pembelajaran
interaktif dan terapan
Portofolio dan
aktivitas pengelaman lapangan
BAB 5 PENGELOLAAN KELAS
Perspektif
pada pengelolaan kelas
Dukungan
teoretis dan epiris
Mempersiapkan
pengelolaan kelas yang efktif
Program-program
pengelolaan kelas
Pemikiran
akhir dan pandangan ke masa depan
Refleksi dari
kelas
Ringasan
Pembelajaran
interaktif dan terapan
Portofolio dan
aktivitas pengelaman lapangan
BAB 6 PENILAIAN DAN EVALUASI
Perspektif
mengena penilaian dan evaluasi
Dukungan
teoretis dan empiris
Program
penilaian kelas oleh guru
Menilai
pembelajaran siswa mengunakan pengukur tradisional
Menilai
pembelajaran siswa menggunakan ukuran alternative
Evaluasi dan
penentuan nilai
Refleksi dari
kelas
Ringasan
Pembelajaran
interaktif dan terapan
Portofolio dan
aktivitas pengelaman lapangan
BAGIAN 3 IKHTISAR MODEL-MODEL TRANSMISI PENGAJARAN YANG
BERPUSAT PADA GURU
BAB 7 MENYAJIKAN DAN MENJELASKAN
Ikhtisar
pengajaran presentasi
Dukungan
teoretis dan empiris
Perencaan dan
pelaksanan pelajaran presentasi
Mengelola
lingkungan belajar
Penilaian dan
evaluasi
Refleksi dari
kelas
Ringasan
Pembelajaran
interaktif dan terapan
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar