Selamat datang di toko Buku Online kami Buku Diskon,Murah Ajibayustore

Minggu, 31 Juli 2016

Pemikiran Pendidikan Islam Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim.Abu Muhammad Iqbal

  Judul Buku : Pemikiran Pendidikan Islam – Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim

Judul Buku:Pemikiran Pendidikan Islam – Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim
Pengarang:Abu Muhammad Iqbal
Penerbit:Pustaka Pelajar
Cetakan:Ke-1
Tahun Terbit:2015
Bahasa:Indonesia
Jumlah Halaman:677
Kertas Isi:HVS
Cover:Soft
Ukuran:16 x 24
Berat:1
Kondisi:Baru
Harga: Rp     150,000DISKON
Bayar: Rp   119,900
Stock:1

Pemikiran Pendidikan Islam – Gagasan-Gagasan Besar Para Ilmuwan Muslim
Pengarang : Abu Muhammad Iqbal
Penerbit : Pustaka Pelajar

DAFTAR ISI

IBNU SINA:
POKOK-POKOK PEMMRAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM 1
  1. Sosok Sang Ilmuwan Ibnu Sina - 2
  2. Hakikat Manusia Menuiut Ibnu Sina - 5
  3. Beberapa Gagasan Pokok Ibnu Sina Tentang Pendidikan - 6
  4. Tujuan Pendidikan - 6
  5. Kurikulum - 8
  6. Metode Pembelajaran - 11
  7. Konsep Guru - 13
  8. Aktualisasi Pemikiran Ibnu Sina di Zaman Sekarang - 14
  9. Penutup - 16

IBNU TAIMIYAH:
PENDIDIKAN ISLAM BERBASIS AL-QUR'AN DAN AIHADITS - 18
  1. Latar Belakang Pemikiran Ibn Taimiyah - 22
  2. Latar Belakang Eksternal - 22
  3. Latar Belakang Internal - 27
  4. Metode Berfikir Ibn Taimiyah - 38
  5. Kritik Ibn Taimiyah Terhadap Pendidikan Islam Pada Zamannya - 41
  6. Garis Besar Pemikiran Ibn Taimiyah Tentang Pendidikan - 48
  7. Konsep Dasar Filsafat Pendidikan Islam - 49
  8. dan Tujuan Pendidikan - 50
  9. Metode Pendidikan - 57
  10. Pendidik dan Subyek Didik - 62
  11. Hubungan Antara. Murid dan Guru - 63
  12. Kurikulum Pendidikan. Islam - 68
  13. Bahasan Pengajaran - 69
  14. Problematika Pendidikan Islam Modern dan Signifikansi Pemikiran Ibnu Taymiyah - 70
  15. Reformulasi•Filsafat Pendidikan Islam - 72
  16. Persoalan Kurikulum Ideal dan Aplikasinya - 75
  17. Persoalan Eksistensi Pendidikan Islam Sebagai Sub Sistem Dari Sistem Pendidikan Nasional di Negara-Negara Muslim - 79
  18. Kesimpulan - 82

IMAM AL-GHAZALI:
SOSOK GURU PROFESIONAL YANG IDEAL – 85
  1. Sosok Pribadi Imam Al-Ghazali - 88
  2. Konsep Pendidikan Al-Ghazali - 90
  3. Guru Ideal Menurut Al-Ghazali - 94
  4. Sosok Guru Profesional Menurut Al-Ghazali - 98

MUHAMMLAD QUTHB:
METODE CERITA DALAM PENDIDIKAN ISLAM – 111
  1. Mengenal Biografi Muhammad Quthb - 112
  2. Metode Cerita Menurut Muhammad Quthb - 114
  3. Aktualisasi Metode Cerita dalam Pendidikan Islam - 119
  4. Pentingnya Bercerita di Lingkungan Keluarga - 121
  5. Aktualisasi Metode Cerita dalam Pendidikan Islam pada Keluarga -124

MUHAMMAD ABDUH:
MODERNISASI PENDIDIKAN ISLAM – 128
  1. Riwayat Hidup Muhammad Abduh - 129
  2. Pendidikannya - 129
  3. Berguru dengan Said Jamaluddin al-Afghani - 130
  4. Menjadi adi Dosen Darul Ulum dan Al-Azhar - 132
  5. Dibuang ke Syria (Beirut) - 132
  6. Gerakan Al-Urwdtul Wutsqd - 132
  7. Menjadi adi Mufti Mesir - 133
  8. Pembela Islam yang Gagah Berani - 133
  9. Karya-Karya Muhammad Abduh - 134
  10. Pengaruh Muhammad Abduh dalam Pemikiran Islam - 135
  11. Gagasan Pembahanian Pendidikan Islam - 137
  12. Masa Pra. Pembuangan - 137
  13. Masa Pembuangan - 143
  14. Masa Pasca Pembuangan - 145
  15. Ide-ide Pokok Pemikiran Pendidikan Muhammad Abduh - 147
  16. Tujuan Pendidikan - 147
  17. Kurikulum Pendidikan - 149
  18. Metode Pendidikan - 154
  19. Penyatuan Ilmu Agama dan Umum dalam Pendidikan - 157
  20. Penutup - 158

  1. RASYID RIDHA:
PENDIDIKAN PEREMPUAN DALAM ISLAM - 159
  1. Riwayat Hidup Muhammad Rasyid Rida - 159
  2. Islam dan K-emodeman Barat - 163
  3. Pendidikan Perempuan Menurut Rasyid Ridha - 164
  4. Penutup - 169

IBNU TUFAIL:
EPISTEMOLOGI ILMU PENGETAHUAN DALAM ISLAM - 170
  1. Potret Kehidupan Ibnu 'Tufail - 175
  2. Kehidupan Awal Ibnu Tufail - 175
  3. Kondisi Sosio-Kultural Masa Hidup Ibnu Tufail - 177
  4. Sekilas Tentang Kisah Hayy 11m Yaqzhan - 181
  5. Konsep Epistemologi Ibnu Tufail - 186
  6. Sumber Pengetahuan - 186
  7. Metode Perolehan Pengetahuan - 186
  8. Hakikat Pengetahuan - 189
  9. Kebenaran Pengetahuan - 189
  10. Fase-fase Perkembangan Pengetahuan - 190
  11. Hakikat Manusia Menurut Ibnu Tufail - 193
  12. Proses Keberadaan Manusia - 193
  13. Potensi Manusia - 194
  14. Tujuan Keberadaan Manusia - 195

ABDULLAH NASIH ULWAN:
GURU, KETELADANAN, REWARD DAN PUNISHMENT DALAM PENDIDIKAN ISLAM - 197
  1. Potret Kehidupan Abdullah Nashih Ulwan - 203
  2. Sosok Guru Menurut Abdullah Nashih Ulwan - 204
  3. Syarat Kepribadian Guru - 206
  4. Tugas dan Kewajiban Guru - 209
  5. Keteladanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan - 224
  6. Peranan Keteladanan dalam Pendidikan - 224
  7. Keteladanan Rasulullah Sebagai Figur Gunn 225
  8. Keteladanan Orang Tua dalam Mendidik Anak - 236
  9. Keteladanan Guru - 242
  10. Konsep Reward dan Punishment Menurut Abdullah Nashih Ulwan - 250

MUHAMMAD IQBAL:
PENDIDIKAN ISLAM MEMBENTUK MANUSIA UTUH - 257
  1. Biografi Singkat Iqbal - 257
  2. Lahir dan Masa Kecil Iqbal - 257
  3. Masa Pendidikan Iqbal - 258
  4. Perjalanan Karier Iqbal - 259
  5. Karya-kaiva Iqbal - 261
  6. Latar Belakang Pemikiran Filsafat Iqbal - 263
  7. Pemikiran Iqbal dalam Bidang Pembaruan - 266
  8. Kritik Iqbal Tentang Pendidikan Barat dan Islam Tradisional - 268
  9. Pemikiran Iqbal Tentang Pendidikan - 272
  10. Tujuan Pendidikan Islam Menurut Iqbal - 278

  1. NAQUIB ALATTAS:
MEMBENTUK MANUSIA BERADAB DENGAN PENDIDIKAN ISLAM -283
  1. Biografi Syed M. Naquib Al-Attas - 287
  2. Konsep Pendidikan dalam Islam - 293
  3. . Konsep Ta'dib - 296
  4. Dasar dan Peranan Pendidik Berta Peserta Didik dalam Pendidikan -305
  5. Peranan Bahasa - 306
  6. Metode Pendidikan - 306
  7. Kurikulum dan Sistem Pendidikan dalam Islam - 307
  8. Tujuan Pendidikan - 309
  9. Pandangan yang Memprioritaskan Indhidu - 313
  10. Manusia Beradab - 314
  11. Pengembangan Masyarakat - 319
  12. Ketiadaan Adab - 322
  13. Manusia Beradab dan Implementasi dalam Pendidikan Islam - 323
  14. Kesimpulan - 332

SEYYED HOSSEIN NASR:
TANGGUNG JAWAB MANUSIA DALAM PENDIDIKAN ISLAM - 339
  1. Protret Kehidupan Seyyed Hossein Nasr - 340
  2. Kehidupan Awal - 340
  3. Kiprah Seyyed Hossein Nasr dalam Pemikiran Islam - 343
  4. Karya-karya Seyyed Hossein Nasr - 344
  5. Tanggung Jawab dan Hak Manusia Menurut Seyyed Hossein Nasr - 346
  6. Tanggung Jawab Manusia - 348
  7. Hak Asasi Manusia - 351
  8. Gagasan Seyyed Hossein Nasr Tentang Dunia Pendidikan Islam - 352
  9. Arti dan Makna Pendidikan - 353
  10. Kurikulum - 354
  11. Tujuan Pendidikan - 354
  12. Aktualisasi Tanggung Jawab Manusia dalam Pendidikan Islam - 355
  13. Tanggung Jawab Manusia Terhadap Tuhan - 355
  14. Tanggung Jawab Manusia Terhadap Dirinya - 357
  15. Tanggung Jawab Manusia Terhadap Masyarakat - 359
  16. Tanggung Jawab Manusia Terhadap Alam (Lingkungan) - 362
  17. Aktualisasi Pemikiran Nasr dalam Lembaga Pendidikan Islam - 364

IMAM AL-ZARNUJI :
KONSEP PENDIDIKAN ISLAM - 369
  1. Potret Perjalanan Hidup Al-Zarnuji - 370
  2. Biografi Singkat - 370
  3. Latar Belakang Pendidikan al-Zarnuji - 372
  4. Latar Belakang Sosial Politik - 374
  5. Hasil Karya al-Zarnuji - 376
  6. Konsep Pendidikan Al-Zarnuji - 378
  7. Pembagian Ilmu - 379
  8. Tujuan Pendidikan - 379
  9. Metode Pembelajaran - 379
  10. Persyaratan Mencari Ilmu Menurut Al-Zarnuji - 380
  11. Cerdas - 381
  12. Rasa ingin tabu yang tinggi - 382
  13. Saban - 383
  14. Biaya - 384
  15. Petunjuk dari Guru - 384
  16. '%Nlaktu yang lama - 385

MURTADHA MUTHAHHARI:
IMPLIKASI HIJAB TERHADAP PENDIDIKAN AKHILAK - 386
  1. Biografi Murtadha Muthahhari - 389
  2. Pemikiran Murtadha Muthahhari Tentang Hijab - 393
  3. Definisi Hijab - 393
  4. Alasan-alasan Perkembangan Hijab dalam Islam - 394
  5. Batas Hijab dalam Islam - 397
  6. Hubungan Hijab dengan Pendidikan Akhlak - 399
  7. Implikasi Hijab Terhadap Pendidikan Akhlak - 403

HASAN AL-BANNA.
PEMIKIRAN PENDIDIKAN ISLAM - 407
  1. Biografi Imam Hasan Al-Banna - 408
  2. Dasar-Dasar Pendidikan Islam - 412
  3. Tujuan Pendidikan Islam - 414
  4. Karakteristik Pendidikan Islam - 422
  5. Metode Pendidikan - 424
  6. Ruang Lingkup Pendidikan - 428
  7. Pendidik clan Peserta Didik - 434
  8. Evaluasi Pendidikan Islam - 435
  9. Lembaga Pendidikan - 436
  10. Penutup - 436

SYEH JA’FAR AL-BARZANI:
PENDIDIKAN AKHLAK DALAM AL-BARZANJI - 438
  1. Biografi Singkat Syeh Ja'far Al-Barzanji - 440
  2. Mengenal Kitab Al-Barzanji - 441
  3. Pendidikan Akhlak dalam Syair Al-Barzanji - 444
  4. Pemilihan Guru dan Lingkungan Bagi Peserta Didik - 444
  5. Kejujuran di Dalam Penyampaian - 446
  6. Mencari Pasangan Hidup - 447
  7. Nilai-Nilai Akhlak dalam Syair Al-Barzanji - 448
  8. Akhlak Dalam Pergaulan - 450
  9. Akhlak terhadap Anak - 451
  10. Akhlak kepada Allah SWT - 452
  11. Akhlak kepada Orang Tua - 453
  12. Akhlak kepada Profesi - 454
  13. Akhlak Untuk Selalu. Bermusyawarah - 455
  14. Akhlak Terhadap Orang yang telah Mendholimi - 456
  15. Akhlak Terhadap Keluarga - 457
  16. Akhlak Terhadap Orang Lemah dan Para Pemimpin - 458
  17. Akhlak dalam Kemarahan - 459
  18. Akhlak dalam Kesederhanaan - 460

IBNU QAYYIM AL-JAUZIYYAH:
POKOK-POKOK PENDIDIKAN ISLAM - 461
  1. Biografi Ibnu Qayyim AI-Jauziyyah - 462
  2. Pendidikan Prenatal Menurut Ibnu Qayyim - 464
  3. Prinsip Dasar Pendidikan Prenatal - 466
  4. Program Pendidikan Prenatal menurut Ibnu Qayyim - 467
  5. Faktor yang Mempengaruhi Pendidikan Prenatal Menurut Ibnu Qayyim - 470
  6. Relevansi Pendidikan Prenatal dengan Pendidikan Islam - 470
  7. Pendidikan Islam Menurut Ibnu Qayyim
  8. Pengertian Pendidikan Islam - 471
  9. Tujuan Pendidikan Islam - 472
  10. Sasaran Pendidikan Islam - 474
  11. Pendidik dan Peserta Didik - 481
  12. Lembaga Pendidikan. Islam - 483
  13. Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Qayyim - 484

IBNU RUSYD:
PENALARAN BURHANI DALAM PENDIDIKAN ISLAM - 489
  1. Riwayat Hidup dan. Karya-Karya Ibn Rusyd - 493
  2. Biografi Ibn Rusyd - 493
  3. Karya-Karya Ibn Rusyd - 499
  4. Wahyu dan Realitas Sebagai Sumber Pengetahuan - 500
  5. Metode Penalaran Ibnu Rusyd - 502
  6. Penalaran Burhani Gaya Ibnu Rusyd dalam Pemikiran Pendidikan - 504
  7. Penerapan Konsep Burhani Ala Ibnu Rusyd dalam. Pendidikan. Islam -510

IBNU KHALDUN:
EPISTEMOLOGI DAN METODE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN
ISLAM - 513
  1. Riwayat Hidup Ibnu Khaldun - 514
  2. Masa Kelahiran Ibnu Khaldun - 514
  3. Kehidupan Ibnu Khaldun - 519
  4. Karya-kana Ibnu Khaldun - 524
  5. Corak Pemikiran Ibnu Khaldun - 526
  6. Pengertian dan Tujuan Pendidikan Menurut Ibnu Khaldun - 527
  7. Kurikulum dan Materi Pendidikan - 529
  8. Reformasi Pendidikan Islam Menurut Ibnu Khaldun - 530
  9. Filsafat Sosiologi dan Pendidikan - 531
  10. Metode Perolehan Ilmu Pengetahuan - 536
  11. Berfikir (Tafakur) - 536
  12. Keragu-raguan (Skeptisme) - 537
  13. Pembiasaan (Ta'wid) - 538
  14. Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Menurut Ibnu Khaldun - 538
  15. Ilmu Naqliyah - 538
  16. Ilmu Aqliyyah - 540
  17. Sistem Pendidikan Islam Non Dikotomi Ibnu Khaldun - 546
  18. Metode Pembelajaran Ibnu Khaldun - 548
  19. Metode Pentahapan (Tadarrul) - 551
  20. Metode Pengulangan (Tikrari) - 552
  21. Metode Kasih Sayang (Al-Qurb Wa Al-Muyanah) - 552
  22. Metode Peninjauan Kematangan Usia Dalam Mengajarkan Al-Qur­'an - 553
  23. Metode Penyesuaian dengan Fisik dan Psikis Peserta Didik - 554
  24. Metode Kesesuaian dengan Perkembangan Potensi Peserta Didik -556
  25. Metode Penguasaan Satu Bidang - 557
  26. Metode Widya-wisata (Rihlah) - 558
  27. Praktek/Latihan (Tadrib) - 559
  28. Metode Menghindari Peringkasan Buku (Ikhtisar At-Turuk) - 560

MUHAMMAD ‘ATHIYAH AL-ABRASYI:
GAGASAN TENTANG PENDIDIKAN ISLAM - 563
  1. Biografi Muhammad 'Athiyah Al-Abrasyi - 564
  2. Pengertian Pendidikan Islam - 566
  3. Dasar-Dasar Pendidikan Islam Menurut Athiyyah Al-Abrasvi - 569
  4. Tujuan Pendidikan Islam - 574
  5. Konsep 'Athiyah Al-Abrasyi Tentang Pendidikan Akhlak dalam Islam -

FAZLUR RAHMAN:
PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM - 585
  1. Biografi Fazlur Rahman - 590
  2. Periode Pertumbuhan - 590
  3. Muncul di Depan Publik - 593
  4. Periode Puncak Karier - 598
  5. Pendidikan Sebagai Alternatif Pembaharuan - 606
  6. Paradigms Normatif Pendidikan Islam - 609
  7. Al-Qur'an Sebagai Sumber Konsep Pendidikan - 609
  8. Pencerahan Moral dan Karakter Inteletktualisme Islam - 612
  9. Upaya Pembaharuan Pendidikan Islam - 616
  10. Tujuan Pendidikan Islam - 616
  11. Sistem Pendidikan - 618
  12. Anak Didik - 620
  13. Pendidik - 622
  14. Sarana Pendidikan - 624
  15. Langkah-Langkah Rekonstruksi Sains-Sains Islam - 625
  16. Metodologi Penafsiran Al-Qur'an - 627

ISMAIL RA'JI AL-FARUQI:
TAUHID, ISLAMISASI ILMU PENGETAHUAN DAN KURIKULUM PENDIDIKAN - 632
  1. Biografi Singkat dan Karya Al-Far-uqi - 635
  2. Pemikiran Al-Far-uqi Tentang Tauhid - 640
  3. Tauhid Sebagai Prinsip Keluarga dan Pendidikan Akhlak - 642
  4. Islamisasi Ilmu Pengetahuan Ismail Raji Al-Faruqi - 645
  5. Kurikulum Pendidikan Islam - 648

DAFTAR PUSTAKA - 655
TENTANG PENULIS - 678


Share This Article


0 comments:

Posting Komentar

Copyright © 2015. AJIBAYUSTORE - All Rights Reserved ALAMAT JALAN KEBANGKITAN NASIONAL TOKO BUKU NO.81 SOLO JAWA TENGAH KONTAK:0857 2823 4422
Creating Website Miko Bayu Saputra