Judul Buku | : | Panduan untuk Guru Kesenian Sekolah Dasar dan Menengah Edisi Kedua Jilid 1 | |
Pengarang | : | Helen D. Hume | |
Penerbit | : | Indeks Jakarta | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 250 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 21 x 28 | |
Berat | : | 600 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 75,000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 59.900 | |
Stock | : | 1 |
Panduan untuk Guru Kesenian Sekolah Dasar dan Menengah Edisi Kedua
Pengarang : Helen D. Hume
Penerbit : Indeks Jakarta
DAFTAR ISI
Bab 1: MARI AJARKAN SENI Mengapa Kita Mengajarkan Seni
Pengembangan Otak Secara. Utuh • Pengembangan Karakter
Siapa yang Kita Ajar
Setiap Siswa, Setiap Hari • Siswa Penyandang Ketunaan • Siswa Pencari Perhatian • Siswa Berbakat
Apa yang Harus Diketahui dan Dapat Dikerjakan Siswa
Pembentukan Keterampilan • Karakteristik Tingkatan-Kelas: Anak TK; Anak Kelas Satu; Anak Kelas Dua; Anak Kelas Tiga; Anak Kelas Empat; Anak Kelas Lima; Anak Kelas Enam; Anak Kelas Tujuh; Anak Kelas Delapan -Adaptasi untuk Anak SD
Adaptasi Dalam Seni Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus
Saran Umum • Siswa dengan gangguan penglihatan • Siswa Antis • Siswa yang Mengalami Gangguan Pendengaran • Siswa Yang Mengalami Gangguan Motorik • Siswa yang mengalami gangguan perilaku • Siswa yang mengalami gangguan perkembangan
Bagaimana Kita Mengajar—Pemikiran dalam Mengajarkan Seni
Mendorong Kreativitas -Hubungan dengan Siswa
Di Mana Kita Mengajar
Kelas Reguler • Kelas Seni • Dari Sebuah Gerobak
Dasar bagi Spesialis Seni
Berkomunikasi dengan Guru Kelas • Menetapkan Rutinitas • Menggunakan Peta TempatDuduk • Memberi Penghargaan Perilaku Baik • Mengatasi Kegaduhan • Mengorganisir Kelas
- Mengelola Perlengkapan • Menyimpan karya-seni • Memelihara Portofolio • Menampilkan Karya Siswa di Luar Ruang Seni • Menandatangani Karya -Membuat Label • Menyiapkan Buku-Catatan. Siswa • Pembersihan • Membubarkan Siswa • Membawa Alat & Bahan Baru Pendauran-Ulang
Hubungan Masyarakat dan Orangtua
Relawan Orangtua • Surat-Kabar • Pengakuan Siswa
Petunjuk Hubungan-Masyarakat
Di mana saja informasi seni bisa dilihat • Sebelum Menghubungi Surat-Kabar • Apa yang layak menjadi berita? Apa yang membuat sebuah cerita itu unik? -Petunjuk Foto
Tips Memfoto Hasil Seni
Fotografi Digital • Penataan Karya-Seni yang akan difoto • Memfoto Karya-Seni yang Tengah Berproses
Tips Mengenai Keselamatan
Saran Umum • Penanganan Tanah Liat • Hati-hati dengan Alat Pemotong • Perlengkapan Bahan yang Direkomendasikan
Tips Membuat Papan Buletin
Bahan • Petunjuk • Tema yang Disarankan
Tips Melapik Karya-Seni Siswa
Bahan • Personalisasikan Lapik yang Anda Beli • Hal-hal yang Perlu Diingat Baik-Baik • Cara Mudah • Memotong Lapik
Bab 2: APA YANG KITA AJARKAN
Ekspresi Pribadi
Individualisms dan Pemecahan Masalah
Ids Besar • Budaya Pop (Populer) • Belajar Melayani
Menggali Elemen-Elemen Seni Dan Prinsip-Prinsip Desain
Garis
Warna
Nilai
Ruang
Bentuk (shape) dan bangunan (form)
Tekstur
Repetisi
Keseimbangan (Balance) Penekanan
Kontras
Kesatuan
Topik Yang Kita Ajarkan
Unit yang Disarankan
Kahan Kandungan Pelajaran
Kahan Kandungan Pelajaran
Bahasa Asing • Seni Bahasa • Matematika • Musik • Sains • Studi Sosial
Perayaan dan Peringatan
Tema-terra Perayaan dan Peringatan dalam Satu Tahun
Tips Menulis Rencana Pelajaran Seni
Standar Seni Visual Nasional (TK s/d Kelas-4)
Standar Seni Visual Nasional (Kelas-5 s/d Kelas-8)
Pendidikan Seni Berdasar-Bidang Ilmu (DBAE: Discipline-Based Art Education)
Produksi Seni -Sejarah Seni • Analisis/Kritik Seni • Kesadaran Estetika • Standar DBAE Rencana-Ajar Pelajaran Seni
Penilaian
Penilaian Autentik • Portofolio - Karya Tertulis, Jurnal atau Buku-Sketsa, Penilaian-Mandiri Diskusi dan Kritik Kelas • Rubrik atau Petunjuk Penilaian • Wawancara
Bab 3: LARUT DALAM SERUNYA APRESIASI DAN SEJARAH SENI Bawalah Sejarah Seni ke Kehidupan: Garis-Waktu
Garis-Waktu 1: 3000 SM – 1
Proyek Seni Untuk Pembelajaran Terpadu, Garis-Waktu 1: 3000 SM – 1
Garis-Waktu 2: 1 – 1150
Proyek Seni Untuk Pembelajaran Terpadu, Garis-Waktu 2: 1 – 1150
Garis-Waktu 3: 1150-1650
Proyek Seni Untuk Pembelajaran Terpadu, Garis-Waktu 3: 1150 – 1650
Garis-Waktu 4: 1650-1900
Proyek Seni Untuk Pembelajaran Terpadu, Garis-Waktu 4: 1650 – 1900
Garis-Waktu 5: 1900-Sekarang
Proyek Seni Untuk Pembelajaran Terpadu, Garis-Waktu 5: 1900 – Sekarang Menggunakan Reproduksi Seni
Galeri Potter • Token Response • Gambar sebuah Karya-seni dari deskripsi • Berburu seperti burung pemakan bangkai • Bandingkan dan Lawankan • Papan Buletin • Jadilah Lukisan Hidup • Kurator Galeri
Aktivitas Seni dengan Kartupos
Pemilahan dan Pencocokan • Tepi, Garis, dan Warna • Memperpanjang Kartupos Merentangkan Kartupos • Teka-teki Kartupos
Permainan Mendidik dan Bisa Didapat di Toko
Vendor Permainan Seni • Permainan Kata • Jumble • Campur dan Cocokkan (Mix and Match) Berbicara Tentang Seni: Pengalaman Galeri
Kunjungan Langsung Ke Museum
Jalan-jalan di Galeri
Estetika
Menulis dengan Seni
Proyek Menulis • Percakapan dengan Sebuah Gambar • Latihan Menulis Kolase • Menulis Puisi tentang Seni
Proyek 3-1 Mandala
Proyek Alternatif: Perjalanan dalam Hidup Saya
Proyek 3-2 Menulis Dan Mengilustrasikan Mitos
Proyek Alternatif : Buatlah Simbol Keberuntungan *Kaitan Kandungan Pelajaran : Studi Sosial dan Sains—Lingkaran dan Baru Berdiri • Kalender • Kaitan Ragam-Budaya : Penuturan Cerita Proyek 3-3 Jurnal Atau Buku Sketsa Seni
Bab 4: KERTAS
Pendahuluan
Proyek 4-1 Stasiun Imajinasi
Alternatif Bagi Siswa Anak-Anak : Binatang Imajinasi
Changing Paper
Proyek 4-2 Kepala Potret Berbentuk Kertas
Proyek Alternatif : Kolase Wajah Sobekan Kertas; Potter Bas-Relief; Topeng Kertas Konstruksi yang Memiliki Bentuk dan Tiga Dimensi • Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Berikan la Kehidupan • Studi Sosial—Potret Orang Nyata
Potrait Heads
Kolase
Petunjuk Umum Pengerjaan Kolase
Proyek 4-3 Kolase Cityscape
Proyek Alternatif: Melukis Cityscape; Kolase Cityscape atau Sobekan-Kertas • Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Kota Tua • Studi Sosial—Pemetaan; Evolusi Kota
Proyek 4-4 Kebun Bunga
Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Identifikasi Tanaman dan Pertumbuhan Musiman; Kehidupan Tanaman Laut
Proyek 4-5 Hewan Guntingan Geometri
Adaptasi untuk Siswa Anak-Anak: Hubungan Shape • Proyek Alternatif : Kolase Guntingan Kertas—Form Natural • Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Kepunahan Hewan
Proyek 4-6 Quilt Cerita
ProyekAlternatif: Quilt Muslin • Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Tuliskan Cerita Blok Quilt Anda • Matematika—Quilt Seat Matematika; Blok Quilt Hasil Desain Komputer; Blok Geometri Tradisional • Sains—Blok Quilt Makhluk dan Alamnya; Quilt Makanan Favorit
- Studi Sosial—Blok Quilt "Negaraku"; Blok Quilt Kultural; Blok Quilt Transportasi
Proyek 4-7 Kertas Buatan Tangan
Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Resep, Sajak, Cerita Tentang Kertas • Sains—Kertas bergaya Cina dan Mesir • Studi Sosial—Garis-Waktu: Perkembangan Kertas
Proyek 4-8 Kertas Marbleize
Proyek Alternatif : Kanji Cair; Marbleize dengan Pastel; Marbleize Tradisional dengan Minyak di Atas Air
Membuat Buku
Proyek 4-9 Kartu. Ucapan Sembul
Pop-Ups
Proyek 4-10 Buku Seni, Sembulan Lipatan-Akordeon
Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Haiku, Alfabet, atau Buku Puisi; Kutipan atau cerita.
- Sains—Buku Alam • Bahasa Asing—Buku Cerita dalam Bahasa Asing • Studi Sosial—Hormati Leluhur
Proyek 4-11 Jurnal Alam Pribadi
Adaptasi untuk Siswa SD: Jurnal Kertas Fotokopi
Proyek 4-12 Buku Bentuk
Adaptasi Bagi Siswa Anak-Anak: Buku satu-lipatan; Cerita Dikte
Bab 5: MENGGAMBAR DENGAN PENSIL, PASTEL, KRAYON, DAN SPIDOL
Proyek 5-1 Bestiary; Gambar Satwa
Proyek Alternatif: Makhluk Mitos • Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa JurnalHewan; Cerita Kepribadian Hewan • Sains—Perilaku Hewan
Aneka Satwa
Klasifikasi Hewan Lainnya
Proyek 5-2 Alfabet Isyarat; Menggambar Tangan Alfabet Isyarat
Pastel, Krayon, dan Kapur
Proyek 5-3 Still Life
Proyek 5-4 Membuat Benda Kecil Menjadi Monumental
Proyek Alternatif : Satu Ruangan dan Juga Tangan Anda
Proyek 5-5 Si "Binatang Buas" (The Fauve)
Proyek Alternatif: Mural Kelompok Ekspresionistik
Proyek 5-6 Burung Tersembunyi
Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Spesies Terancam • Studi Sosial—Seniman dan Pelopor
Proyek 5-7 Aku Melihat Kapal Layar Muncul
Proyek Alternatif : Ilustrasi Ilmiah • Kaitan Kandungan Pelajaran: Studi Sosial—Flat Earth Society
(Masyarakat Bumi Datar); Sejarah Kapal Layar Spidol
Proyek 5-8 Desain Tisu Lipat
Lines and Patterns
Proyek 5-9 Geometri Dan Seni Renaissance
Proyek Alternatif : Lukisan Tondo -Kaitan Kandungan Pelajaran: Matematika—Golden Rectangle
Proyek 5-10 Dalam Gaya ... Interpretasi Artistik
ProyekAlternatif: Gambar-Garis dalam Gaya Seniman; Letakkan Wajah Anda Tepat Di Sini; Lukisan Layar-Belakang Karnaval
Proyek 5-11 Ikan Isi
Proyek Alternatif: Patung Ikan Isi
Proyek 5-12 Tesselasi
Proyek 5-13 Aku Dapat Menggambar Garis Lurus
Proyek Alternatif: Potter Garis pada Komputer
Proyek 5-14 Seni Kartu Pos Masukkan. Ke Dalam Surat
Kaitan Kandungan Pelajaran: Studi Sosial—Sahabat-Pena Internasional
Proyek 5-15 Kenapa Tidak Menjadi Kartunis Saja? Proyek Alternatif: Kartun Satu-Frame; Karikatur Comic Shorthand
Bab 6: LUKISAN
Tempera atau. Cat Akrilik
Proyek 6-1 Roda. Pelangi Buatan Scndiri
Adaptasi Untuk Siswa Yang Masih Anak-anak: Warna Primer dan Sekunder • Proyek Alternatif Ombak Pelangi: Figur Bergerak; Roda Warna Proyek Kelompok • Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Warna pada Cahaya; Warna pada Pigmen
Proyek 6-2 Memperbesar Sebuah Mahakarya
Adaptasi Untuk Siswa Yang Masih Anak-anak: Pembesaran Hitam dan Putih • Proyek Alternatif. Proyeksikan di dinding; Letakkan di langit-langit; Perbesaran dengan Pastel Minyak pada tagboard; Substitusikan wajah Anda sendiri • Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Mural Lingkungan dengan Kehidupan Satwa • Studi Sosial—Mural dengan terra seputar sekolah
Proyek 6-3 Kaki, Sayap, Cakar, Dan Antena.
Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Makhluk Terbang dan Merayap • Seni Bahasa—Cerita Pendek tentang "Makhluk Saya"
Proyek 6-4 Putih Musim Dingin: Hewan-Hewan Dari Ujung Utara. Dan Selatan Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Kamuflase Musim Dingin; Kebiasaan Hibernasi
Proyek 6-5 Rimba Misterius
Proyek Alternatif Pastel Minyak dan Resist Tempera Hitam
Cat-Air
Proyek 6-6 Bagan Cat-Air
Adaptasi Bagi Siswa Anak-Anak.- Eksperimen Mark-Making • Proyek Alternatif Still Life dengan Skema Warna Khusus • Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Pigmen
Proyek 6-7 "Leaf It" To Me
Proyek 6-8 Rumah Tua
Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Mendeskripsikan Rumah Anda Sendiri • Matematika—Mengukur Kamar Anda dan Menemukan Luasnya
Proyek 6-9 Vernakuler Spektakuler
Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Buku Pelestarian • Studi Sosial—Percakapan Pelestarian
Proyek 6-10 Bunga Matahari Dan Iris
Adaptasi Untuk Siswa Anak-Anak: Dari Biji Menjadi Bunga • Proyek Alternatif: Bunga Raksasa
- Kaitan Kandungan Pelajaran: Sains—Tanam subjek Anda; Gambar Tumbuh-Tumbuhan; Studi Tanaman • Seni Bahasa—Beritahu Saya tentang van Gogh
Proyek 6-11 Anyaman Dari Ketidaksengajaan
ProyekAlternatif: Pemandangan-Darat atau Pemandangan-Laut; Keranjang Kertas Anyam
Studi Sosial—Anyaman Kertas
Proyek 6-12 Melukis Musik
Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Menulis Musik
Proyek 6-13 Potret-Diri: Dandanan Olahraga
Kaitan Kandungan Pelajaran: Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan—Pilih Sebuah Olahraga; Pahlawan Olahraga • Matematika—Statistik Olahraga; Buat desain Papan-Skor
Proyek 6-14 Seni Fantasi Atau Surrealis
Kaitan Kandungan Pelajaran: Seni Bahasa—Kara-Benda, Kata-Kerja, Kata-Sifat; Tulisan AlirKesadaran 246
Proyek 6-15 Poster "Jual Produk Anda"
Kaitan Kandungan Pelajaran: Studi Sosial—Menganalisis Strategi Pemasaran
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar