Selamat datang di toko Buku Online kami Buku Diskon,Murah Ajibayustore

Sabtu, 11 Juni 2016

The Handbook of Education Management Teori dan Praktik.Imam

AJIBAYUSTORE  Judul Buku : The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia

Judul Buku:The Handbook of Education Management Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia
Pengarang:Dr. Imam Machali, M.Pd. – Dr. Ara Hidayat, M.Pd.
Penerbit:Prenadamedia Group
Cetakan: Ke-1
Tahun Terbit:2016
Bahasa:Indonesia
Jumlah Halaman:530
Kertas Isi:HVS
Cover:Soft
Ukuran:19 x 26
Berat:900
Kondisi:Baru
Harga: Rp     210,000DISKON
Bayar: Rp     167.900
Stock:1


The Handbook of Education Management – Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/ Madrasah di Indonesia
Pengarang : Dr. Imam Machali, M.Pd. – Dr. Ara Hidayat, M.Pd.
Penerbit : Prenadamedia Group


DAFTAR ISI

BAB 1 MANAJEMEN PENDIDIKAN
Pengertian Manajemen
Manajemen Pendidikan
Manajemen atau Administrasi: Problem Definisi
Manajemen Pendidikan sebagai Disiplin Ilmu
Ruang Lingkup Manajemen Pendidikan
Tujuan dan Manfaat Manajemen Pendidikan
Fungsi Manajemen Pendidikan
  1. Perencanaan (Planning)
  2. Pengorganisasian (Organizing)
  3. Penggerakan (Actuating)
  4. Pengawasan (Controlling)

BAB 2 MANAJEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
Pengertian Pendidikan
Hakikat Pendidikan Nasional
  1. Insan
  2. Basyar
  3. Abdullah
  4. An-Naas
  5. Banff Adam
  6. Khalifah Allah
Hakikat dan Tujuan Pendidikan Nasional
Visi Pendidikan Nasional
Misi Pendidikan Nasional
Tata Nilai Pendidikan Nasional.
Sistem Pendidikan Nasional
  1. Tujuan
  2. Peserta Didik
  3. Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Alat Pendidikan
  5. Lingkungan Pendidikan
Jalur, jenjang, dan jenis Pendidikan
  1. Pendidikan Formal
  2. Pendidikan Nonformal
  3. Pendidikan Informal
  4. Pendidikan Anak Usia Dini
  5. Pendidikan Kedinasan
  6. Pendidikan Keagamaan
  7. Pendidikan jarak jauh
  8. Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus
Manajemen Pendidikan dalam Sistem Pendidikan Nasional
Desentralisasi Pendidikan
Desentralisasi Manajemen Pendidikan Nasional
MBS/MBM (Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah) sebagai Bentuk Otonomi Pendidikan
Prinsip MBS/MBM (Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah)
Tujuan dan Manfaat MBS/MBM (Manajemen Berbasis Sekolah/Madrasah)

BAB 3 PENGORGANISASIAN PENDIDIKAN
Pengertian Organisasi Pendidikan.
  1. Tujuan dan Manfaat Organisasi Pendidikan
Jenis-jenis Organisasi
  1. Organisasi Formal
  2. Organisasi Informal
Budaya Organisasi
  1. Pengertian Budaya Organisasi
  2. Fungsi Budaya Organisasi
  3. Tipe Budaya, Organisasi
  4. Pembentukan Budaya Organisasi
  5. Strategi Memperkuat Organisasi
  6. Tim Kerja dalam Oganisasi
  7. Daur Hidup Organisasi
  8. Organisasi Penyelenggara Pendidikan Nasional

BAB 4 KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN
Pengertian Kepemimpinan
Kepemimpinan Pendidikan
  1. Teori Munculnya Pemimpin
Teori Kepemimpinan
Tipe dan Gaya Kepemimpinan
Tugas dan Fungsi Kepemimpinan
  1. Tugas Kepemimpinan
  2. Fungsi Kepemimpinan
  3. Kepemimpinan Efektif
Model-model Kepemimpinan dalam Pendidikan
  1. Kepemimpinan Transformatif
  2. Prinsip-prinsip Kepemimpinan Transformasional
  3. Kepemimpinan Visioner (Visionary Leadership)
  4. Kompetensi Pemimpin Visioner
  5. Peran Pemimpin Visioner
Kepala Sekolah/Madrasah sebagai Pimpinan Pendidikan
  1. Fungsi Kepemimpinan Sekolah/Madrasah
Kepala Sekolah/Madrasah sebagai Pengambilan Keputusan
  1. Proses Pengambilan Keputusan
  2. Faktor-faktor Pengambilan Keputusan
  3. Gaya Pengambilan Keputusan
  4. Standar Kepala Sekolah/Madrasah

BAB 5 SUPERVISI PENDIDIKAN
Supervisi Pendidikan
Kaleidoskop Supervisi Pendidikan
Fungsi Supervisi
Peranan Supervisor
Model, Pendekatan, dan Teknik Supervisi Pendidikan
Model Supervisi Pendidikan
  1. Supervisi Konvensional
  2. Supervisi Ilmiah
  3. Supervisi Klinis
  4. Supervisi Artistik
Pendekatan Supervisi Pendidikan.
Teknik-teknik Supervisi
Supervisi dalam Sistem Pendidikan. Nasional.
  1. Supervisi Manajerial
  2. Supervisi Akademik
  3. Prinsip-prinsip Supervisi Akademik
  4. Langkah-langkah Supervisi Pendidikan
Standar Supervisi Sekolah/Madrasah
  1. Standar Kualifikasi Supervisi
  2. Standar Kompetensi Supervisi

BAB 6 MENGELOLA PENDIDIKAN MADRASAH
Kaleidoskop Pendidikan Madrasah
Pendidikan Madrasah di Indonesia
Karakteristik Madrasah di Indonesia
Perkembangan Pendidikan Madrasah
  1. Madrasah pada Masa Pra-Kemerdekaan
  2. Madrasah pada Masa Orde Lama
  3. Madrasah pada Masa Orde Baru
  4. Madrasah pada Masa Reformasi
Strategi Pengembangan Pendidikan Madrasah
  1. Strategi Peningkatan Layanan Pendidikan di Madrasah
  2. Strategi Perluasan dan Pemerataan Kesempatan Pendidikan di Madrasah
  3. Strategi Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan. di Madrasah
  4. Strategi Pengembangan Manajemen Pendidikan Madrasah
  5. Strategi Pemberdayaan Kelembagaan Madrasah
Madrasah dalam. Sistem Pendidikan Nasional
Kaleidoskop Sekolah
Melacak Pendidikan dan Sekolah di Indonesia
Bidang-bidang Garapan Pengelolaan Sekolah/Madrasah
  1. Pengelolaan Kurikulum
  2. Pengelolaan Peserta Didik
  3. Pengelolaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Pengelolaan Keuangan
  5. Pengelolaan Sarana Prasarana Pendidikan
  6. Pengelolaan Hubungan Sekolah/Madrasah dengan Masyarakat

BAB 7 MANAJEMEN STRATEGIK MADRASAH/SEKOLAH
Manajemen Strategik dalam Pendidikan
Pengertian Manajemen Strategi
Tahapan Manajemen Strategik
  1. Pembentukan Mindset Strategi
  2. Perumusan Mindset
  3. Pengkomunikasian Mindset
Hambatan Pelaksanaan Manajemen Strategik
Melakukan Analisis SWOT Sekolah/Madrasah
  1. Analisis SWOT atau Analisis TOWS?
  2. SWOT/TOWS dengan Pendekatan Kualitatif
  3. SWOT/TOWS dengan Pendekatan Kuantitatif
Langkah-langkah Analisis
  1. Pembobotan Faktor Internal dan Eksternal
  2. Melakukan Identifikasi SWOT/TOWS Organisasi
  3. Penyusunan Skala
  4. Menghitung Nilai SWOT/TOWS
Menilai Posisi Organisasi
  1. Implementasi Strategi
  2. Penyebab Lemahnya Implementasi
  3. Budaya Kualitas Implementasi (Quality Implementation, QI)
Akreditasi Sekolah/Madrasah
  1. Tujuan Akreditasi Sekolah/Madrasah
  2. Fungsi Akreditasi Sekolah/Madrasah
  3. Manfaat Akreditasi Sekolah/Madrasah
  4. Prinsip-prinsip Akreditasi Sekolah/Madrasah
  5. Organisasi Pemberi Layanan Akreditasi Sekolah/Madrasah
  6. Mekanisme Pemberian Akreditasi Sekolah/Madrasah
  7. Prosedur Akreditasi Sekolah/Madrasah

BAB 8 MERUMUSKAN VLSI,  MISI,  KEYAKINAN DASAR,  NILAI DASAR,  MOTTO TUJUAN,  SASARAN,  DAN  PROGRAM  SEKOLAH/ MADRASAH
Mana yang Lebih Dahulu; Visi atau Misi?
Merumuskan Visi Sekolah/Madrasah
  1. Teknik Perumusan Visi
  2. Prosedur Perumusan Visi
  3. Kriteria Visi
  4. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan dalam Perumusan Visi
Merumuskan Misi Sekolah/Madrasah
  1. Kriteria Rumusan Misi yang Baik
Merumuskan Tujuan dan Sasaran Sekolah/Madrasah
Moto
  1. Merumuskan Keyakinan Dasar (Core Beliefs)
  2. Merumuskan Nilai Dasar (Core Value)

BAB 9 PEMASARAN JASA PENDIDIKAN MADRASAH/SEKOLAH
Pengertian Pemasaran
Konsep Inti Pemasaran
  1. Kebutuhan
  2. Keinginan
  3. Permintaan
  4. Produk (Organisasi, Jasa, Ide)
  5. Nilai Pelanggan
  6. Kepuasan Pelanggan
  7. Pertukaran
  8. Transaksi
  9. Hubungan
  10. Jaringan
  11. Pasar
  12. Pemasar dan Calon Pembeh
Pemasaran Jasa Pendidikan
Kepuasan Pelanggan Pendidikan
Loyalitas Pelanggan Pendidikan
Marketing Mix (Bauran Pemasaran) Jasa Pendidikan Madrasah/Sekolah       ,
  1. Product (Produk) Jasa Pendidikan Madrasah
  2. Price (Harga) Jasa Pendidikan Madrasah
  3. Place (Lokasi/Tempat) Jasa Pendidikan Madrasah
  4. Promotion (Promosi) Jasa Pendidikan Madrasah
  5. People (SDM); Jasa Pendidikan Madrasah
  6. Physical Evidence (Bukti Fisik) Jasa Pendidikan Madrasah
  7. Process (Proses) Jasa Pendidikan Madrasah
Langkah-langkah Strategic Pemasaran Sekolah/Madrasah
  1. Identifikasi Pasar
  2. Segmentasi Pasar dan Positioning
  3. Diferensiasi Produk
  4. Komunikasi Pemasaran
  5. Pelayanan Sekolah
Membuat Citra (Image) Baik Terhadap Madrasah/Sekolah
Implementasi Bauran Pemasaran (Marketing Mix)    
  1. Kasus di SD Muhammadiyah Sapen

BAB 10 STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN SEKOLAH/MADRASAH
Penjelasan Mengenai Standar Nasional Pendidikan (SNP)
Standar Isi
Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah
  1. Karakteristik Pembelajaran
  2. Perencanaan Pembelajaran
Pelaksanaan Pembelajaran
  1. Penilaian Hasil dan Proses Pembelajaran
  2. Pengawasan Proses Pembelajaran
Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
  1. Kualifikasi Akademik Guru
  2. Standar Kompetensi Guru
Standar Sarana dan Prasarana Pendidikan
  1. Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI)
  2. Standar Pengelolaan Pendidikan
  3. Standar Pembiayaan Pendidikan
  4. Standar Penilaian Pendidikan
Ruang Lingkup, Teknik, dan Instrumen Penilaian
  1. Ruang Lingkup Penilaian
  2. Teknik dan Instrumen Penilaian

BAB 11  MANAJEMEN  PENDIDIKAN  BERBASIS  MASYARAKAT  (COMMUNITY-BASED  EDUCATION  MANAGEMENT)
Konsep Pendidikan Berbasis Masyarakat
Pesantren sebagai Model Pendidikan Berbasis Masyarakat
Pendidikan Berbasis Masyarakat di Pesantren
Pelaksanaan Pendidikan Berbasis Masyarakat
Peran Masyarakat dalam Pendidikan Berbasis Masyarakat

BAB 12  MANAJEMEN  PENINGKATAN  MUTU  BERBASIS  SEKOLAH/ MADRASAH (MPMBS/M)
Pengertian MPMBS
Konsep Dasar MPMBS/M
Karakteristik MPMBS/M
  1. Output yang diharapkan
  2. Proses
  3. Input Pendidikan
Fungsi-fungsi yang Didesentralisasikan ke Sekolah
Tujuan dan Manfaat MPMBS/M
Strategi Pelaksanaan MPMBS/M
  1. Menyosialiasikan Konsep MPMBS
  2. Melakukan Analisis Situasi Sasaran (Output),
  3. Merumuskan Sasaran yang Hendak Dicapai
  4. Menyusun Rencana Peningkatan Mutu;
  5. Melaksanakan Rencana Peningkatan Mutu
  6. Melakukan Evaluasi Pelaksanaan

BAB 13 MANAJEMEN MUTU ISO (INTERNATIONAL STANDARDIZATION OF ORGANISATION) DALAM PENDIDIKAN
Sistem Manajemen Mutu Pendidikan
  1. Pengertian Manajemen Mutu
  2. Evolusi Manajemen Mutu
  3. Model-model Sistem Manajemen Mutu
  4. Mutu dalam Pendidikan
Sistem Manajemen Mutu ISO
  1. Sejarah Perkembangan Manajemen Mutu ISO
  2. Prinsip-prinsip Sistem Manajemen Mutu ISO
Sistem Manajemen Mutu ISO dalam Pendidikan
Implementasi SMM ISO 9001:2008
  1. Komitmen Manajemen
  2. Peran Lembaga, Penjamin
  3. Penerapan SMM ISO

BAB 14 BIAYA DAN MANFAAT (COST AND BENEFIT) PENDIDIKAN
Perspektif Ekonomi Pendidikan
  1. Pendidikan sebagai Konsumsi
  2. Pendidikan sebagai Investasi
Analisis Biaya Manfaat (Cost and Benefit Analysis) dalam Pendidikan
  1. Pengertian Biaya (Cost) dalam Pendidikan
  2. Mengukur Biaya Pendidikan
Analisis Feasibilitas Program Pendidikan
Analisis Biaya Program Pendidikan
  1. Biaya Kuliah
  2. Biaya Hidup (Living Cost)
  3. Biaya Incidental
Analisis Manfaat Program Pendidikan
  1. Keuntungan Langsung (Direct Benefit)
  2. Keuntungan Tidak Langsung (Indirect Benefit)
Feasibilitas Pendidikan S-1 Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

BAB 15 WEALTH MANAGEMENT DALAM LEMBAGA PENDIDIKAN
Wealth Management  
Wealth Management dalam Penyelenggaraan Sekolah
Investasi sebagai jantung Wealth Management         
Wealth Management di Lembaga Pendidikan Islam

BAB 16 DINAMIKA KEBIJAKAN KURIKULUM DI INDONESIA
Pengembangan Kurikulum
Dinamika Perkembangan Kurikulum Pendidikan di Indonesia
  1. Kurikulum Pendidikan Pra-Kemerdekaan
  2. Kurikulum Pendidikan Pasca-Kemerdekaan
Kebijakan Kurikulum 2013
Urgensi Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013
Elemen Perubahan Kurikulum 2013
Implikasi Perubahan Kurikulum 2013 dalam Sistem Pembelajaran

GLOSARIUM
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tabun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan. Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
Peraturan. Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

INDEKS
PARA PENULIS


Share This Article


0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © 2015. AJIBAYUSTORE - All Rights Reserved-ALAMAT JALAN KEBANGKITAN NASIONAL TOKO BUKU NO.21-22 SOLO JAWA TENGAH KONTAK:0857 2823 4422
Creating Website Miko Bayu Saputra