Judul Buku | : | Filsafat Ilmu Pendidikan Agama | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M Pd – Herlan Firmansuyah, M Pd – Ahmad Syamsu Rizal, M Pd | |
Penerbit | : | Arfino Raya | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 219 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 21 | |
Berat | : | 250 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 45,600 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 38,760 | |
Stock | : | 1 |
Filsafat Ilmu Pendidikan Agama
Pengarang : Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M Pd – Herlan Firmansuyah, M Pd – Ahmad Syamsu Rizal, M Pd
Penerbit : Arfino Raya
Daftar Isi
Pengarang : Prof. Dr. H. Sofyan Sauri, M Pd – Herlan Firmansuyah, M Pd – Ahmad Syamsu Rizal, M Pd
Penerbit : Arfino Raya
Daftar Isi
BAB 1 HAKIKAT FILSAFAT
A. Arti Istilah dan Rumusan Filsafat
B. Objek Studi dan Metode Filsafat
C. Bidang Kajian Filsafat
D. Aliran dalam Filsafat
E. Cabang-Cabang Filsafat
F. Referensi untuk Kajian Lanjutan
A. Arti Istilah dan Rumusan Filsafat
B. Objek Studi dan Metode Filsafat
C. Bidang Kajian Filsafat
D. Aliran dalam Filsafat
E. Cabang-Cabang Filsafat
F. Referensi untuk Kajian Lanjutan
BAB 2 HAKIKAT FILSAFAT ILMU
A. Sejarah dan Perkembangan Filsafat Ilmu
B. Definisi dan Substansi Filsafat Ilmu
C. Ruang Lingkup dan Permasalahan Filsafat Ilmu
D. Fungsi dan Arah Filsafat Ilmu
E. Dimensi Kajian Filsafat Ilmu
F. Berbagai Pendekatan Filsafat Ilmu
G. Referensi untuk Kajian Lanjutan
A. Sejarah dan Perkembangan Filsafat Ilmu
B. Definisi dan Substansi Filsafat Ilmu
C. Ruang Lingkup dan Permasalahan Filsafat Ilmu
D. Fungsi dan Arah Filsafat Ilmu
E. Dimensi Kajian Filsafat Ilmu
F. Berbagai Pendekatan Filsafat Ilmu
G. Referensi untuk Kajian Lanjutan
BAB 3 HAKIKAT MANUSIA DAN FILSAFAT PENDIDIKAN
A. Hakikat Manusia
B. Manusia sebagai Makhluk Pendidikan (Homo-Educandums)
C. Makna Pendidikan bagi manusia
D. Tiga Objek Didik pada Manusia
E. Konteks Sosial Pendidikan dan Filsafat Pendidikan
F. Masalah-Masalah dalam Filsafat Pendidikan
G. Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan
H. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
I. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
J. Metode Pengembangan Filsafat Pendidikan Islam
K. Implikasi Filsafat Pendidikan Islam di Persekolahan
L. Referensi untuk Kajian Lanjutan
A. Hakikat Manusia
B. Manusia sebagai Makhluk Pendidikan (Homo-Educandums)
C. Makna Pendidikan bagi manusia
D. Tiga Objek Didik pada Manusia
E. Konteks Sosial Pendidikan dan Filsafat Pendidikan
F. Masalah-Masalah dalam Filsafat Pendidikan
G. Aliran-Aliran Utama Filsafat Pendidikan
H. Pengertian Filsafat Pendidikan Islam
I. Ruang Lingkup Filsafat Pendidikan Islam
J. Metode Pengembangan Filsafat Pendidikan Islam
K. Implikasi Filsafat Pendidikan Islam di Persekolahan
L. Referensi untuk Kajian Lanjutan
BAB 4 HAKIKAT AGAMA
A. Pengertian dan Substansi Agama
B. Ciri-Ciri Agama
C. Iman: Esensi Keberagamaan
D. Alasan Manusia Beragama
E. Beragama sebagai Fitrah Manusia
F. Fungsi Agama dalam Kehidupan Manusia
G. Religiositas: Keterikatan pada Nilai Agama
H. Makna Illahi
I. Nilai Keberagamaan
J. Agama Institusi dan Agama Personal
K. Landasan Teori tentang Agama
L. Aksioma-Aksioma tentang Agama Islam
M. Referensi untuk Kajian Lanjutan
A. Pengertian dan Substansi Agama
B. Ciri-Ciri Agama
C. Iman: Esensi Keberagamaan
D. Alasan Manusia Beragama
E. Beragama sebagai Fitrah Manusia
F. Fungsi Agama dalam Kehidupan Manusia
G. Religiositas: Keterikatan pada Nilai Agama
H. Makna Illahi
I. Nilai Keberagamaan
J. Agama Institusi dan Agama Personal
K. Landasan Teori tentang Agama
L. Aksioma-Aksioma tentang Agama Islam
M. Referensi untuk Kajian Lanjutan
BAB 5 HAKIKAT PENDIDIKAN AGAMA
A. Landasan Filosofis Pendidikan Agama
B. Peran dan Hakikat Pendidikan Agama dalam Membina Religiositas
C. Guru dalam Pendidikan Agama
D. Pendidikan Agama dalam Sistem Pendidikan Nasional
E. Konsep Pendidikan Agama sebagai Pendidikan Umum
F. Pendidikan dalam Islam
G. Model Pendidikan Pondok Pesantren
H. Referensi untuk Kajian Lanjutan
A. Landasan Filosofis Pendidikan Agama
B. Peran dan Hakikat Pendidikan Agama dalam Membina Religiositas
C. Guru dalam Pendidikan Agama
D. Pendidikan Agama dalam Sistem Pendidikan Nasional
E. Konsep Pendidikan Agama sebagai Pendidikan Umum
F. Pendidikan dalam Islam
G. Model Pendidikan Pondok Pesantren
H. Referensi untuk Kajian Lanjutan
BAB 6 NISBAH FILSAFAT, AGAMA, ILMU, DAN SENI
A. Persamaan dan Perbedaan Antara Filsafat, Ilmu, Agama, dan Seni
B. Kebenaran: Filsafat, Agama, dan Ilmu
C. Dikotomi Ilmu dan Agama
D. Integrasi Ilmu "Iptek" dan Agama "Imtak".
E. Implikasi Gagasan Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pembelajaran
F. Referensi untuk Kajian Lanjutan
A. Persamaan dan Perbedaan Antara Filsafat, Ilmu, Agama, dan Seni
B. Kebenaran: Filsafat, Agama, dan Ilmu
C. Dikotomi Ilmu dan Agama
D. Integrasi Ilmu "Iptek" dan Agama "Imtak".
E. Implikasi Gagasan Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pembelajaran
F. Referensi untuk Kajian Lanjutan
Daftar Rujukan
Biografi Penulis
Biografi Penulis
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar