Judul Buku | : | Pendidikan Karakter - Landasan, Pilar & Implementasi | |
Pengarang | : | Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum, MA | |
Penerbit | : | KENCANA | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 226 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 23 | |
Berat | : | 300 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 63,000 | diskon 15% |
Bayar | : | Rp 53,550 | |
Stock | : | 1 |
PENDIDIKAN KARAKTER Landasan, Pilar & Implementasi
Pengarang : Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum, M.A
Penerbit : Kencana
Pengarang : Dr. Muhammad Yaumi, M.Hum, M.A
Penerbit : Kencana
DAFTAR ISI
Kata Pengantar
BAGIAN PERTAMA
LANDASAN PENDIDIKAN KARAKTER
BAB 1 Hakikat Pendidikan Karakter
A. Kondisi Aktual
B. Definisi Pendidikan Karakter
C. Prinsip-prinsip Pendidikan Karakter
BAB 2 Landasan Psikologis, Moral, Etika, clan Agama Pendidikan Karakter
A. Landasan Psikologi
B. Landasan Moral
C. Landasan Etika
D. Landasan Agama
BAGIAN PERTAMA
LANDASAN PENDIDIKAN KARAKTER
BAB 1 Hakikat Pendidikan Karakter
A. Kondisi Aktual
B. Definisi Pendidikan Karakter
C. Prinsip-prinsip Pendidikan Karakter
BAB 2 Landasan Psikologis, Moral, Etika, clan Agama Pendidikan Karakter
A. Landasan Psikologi
B. Landasan Moral
C. Landasan Etika
D. Landasan Agama
BAGIAN KEDUA
PILAR-PILAR PENDIDIKAN KARAKTER
BAB 3 Mengolah Pikir, Rasa, Hati, clan Raga sebagai Pilar Pendidikan Karakter
A. Olah Pikir
B. Olah Rasa
C. Olah Hati
D. Olah Raga
BAB 4 Pilar-pilar Pendidikan Karakter Menurut Character Counts
A. Amanah
B. Rasa Hormat
C. TanggungJawab
D. Keadilan (Adil)
E. Kepedulian (Peduli)
F. Nasionalis
BAB 5 Pilar-pilar Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Indonesia
A. Nilai-nilai Karakter dan Budaya Nasional
B. Deskripsi Nilai-nilai Karakter dan Budaya Nasional
PILAR-PILAR PENDIDIKAN KARAKTER
BAB 3 Mengolah Pikir, Rasa, Hati, clan Raga sebagai Pilar Pendidikan Karakter
A. Olah Pikir
B. Olah Rasa
C. Olah Hati
D. Olah Raga
BAB 4 Pilar-pilar Pendidikan Karakter Menurut Character Counts
A. Amanah
B. Rasa Hormat
C. TanggungJawab
D. Keadilan (Adil)
E. Kepedulian (Peduli)
F. Nasionalis
BAB 5 Pilar-pilar Pendidikan Karakter dan Budaya Bangsa Indonesia
A. Nilai-nilai Karakter dan Budaya Nasional
B. Deskripsi Nilai-nilai Karakter dan Budaya Nasional
BAGIAN KETIGA
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARA
BAB 6 Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Transdisiplinaritas
A. Konsep Pendidikan Karakter
B. Pentingnya Pendidikan Budaya dan Karakter
C. Penerapan Pendidikan Budaya dan Karakter melalui Transdisiplinaritas
BAB 7 Strategi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter
A. Pendahuluan
B. Pendidikan Karakter vs. Pendidikan Berbasis Karakter
C. Strategi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Karakter
BAB 8 Urgensi Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa
A. Latar Belakang
B. Konsep Keteladanan
C. Pentingnya Keteladanan Seorang Pendidik
BAB 9 Menumbuhkan Karakter Melalui Akulturasi Minat Baca Anak
A. Latar Belakang
B. Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Daerah
C. Rumah Tangga sebagai Fondasi Akulturasi Minat Baca Anak
D. Peranan Guru dalam Mengakulturasi Minat Baca Siswa
E. Kontribusi Media Massa dalam Menumbuhkan Minat Baca
BAB 10 Pengembangan Intelektual Manusia sebagai Pencerminan Pembentukan Karakter
A. Latar Belakang
B. Perkembangan Intelektual Manusia
C. Implikasi Pandangan Piaget dan Vygotsky dalam Pendidikan
D. Kesimpulan
BAB 11 Memahami Hak dan Perlindungan Anak dalam Masyarakat Multikultural sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa
A. Latar Belakang
B. Pemenuhan Hak-hak Dasar Anak di Indonesia
C. Hak-hak Anak: Antara TanggungJawab Pemerintah dan Rumah Tangga
D. Peranan Lembaga Pendidikan
BAB 12 Character Education Values that Work in Islamic Senior High School Setting
A. Introduction
B. Research Results
C. Conclusion
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARA
BAB 6 Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Transdisiplinaritas
A. Konsep Pendidikan Karakter
B. Pentingnya Pendidikan Budaya dan Karakter
C. Penerapan Pendidikan Budaya dan Karakter melalui Transdisiplinaritas
BAB 7 Strategi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendidikan Karakter
A. Pendahuluan
B. Pendidikan Karakter vs. Pendidikan Berbasis Karakter
C. Strategi Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Karakter
BAB 8 Urgensi Keteladanan Guru dalam Membentuk Karakter Anak Bangsa
A. Latar Belakang
B. Konsep Keteladanan
C. Pentingnya Keteladanan Seorang Pendidik
BAB 9 Menumbuhkan Karakter Melalui Akulturasi Minat Baca Anak
A. Latar Belakang
B. Optimalisasi Fungsi Perpustakaan Daerah
C. Rumah Tangga sebagai Fondasi Akulturasi Minat Baca Anak
D. Peranan Guru dalam Mengakulturasi Minat Baca Siswa
E. Kontribusi Media Massa dalam Menumbuhkan Minat Baca
BAB 10 Pengembangan Intelektual Manusia sebagai Pencerminan Pembentukan Karakter
A. Latar Belakang
B. Perkembangan Intelektual Manusia
C. Implikasi Pandangan Piaget dan Vygotsky dalam Pendidikan
D. Kesimpulan
BAB 11 Memahami Hak dan Perlindungan Anak dalam Masyarakat Multikultural sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa
A. Latar Belakang
B. Pemenuhan Hak-hak Dasar Anak di Indonesia
C. Hak-hak Anak: Antara TanggungJawab Pemerintah dan Rumah Tangga
D. Peranan Lembaga Pendidikan
BAB 12 Character Education Values that Work in Islamic Senior High School Setting
A. Introduction
B. Research Results
C. Conclusion
Referensi
Indeks
Tentang Penulis
Indeks
Tentang Penulis
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar