Judul Buku | : | Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna (Falsafah Pendidikan Islam) | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Maragustam, MA | |
Penerbit | : | Nuha Litera | |
Cetakan | : | Cetakan Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 228 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 300 | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 45,000 | diskon 20% |
Bayar | : | Rp 36,000 | |
Stock | : | 1 |
Mencetak Pembelajar Menjadi Insan Paripurna (Falsafah Pendidikan Islam)
Pengarang : Prof. Dr. H. Maragustam, MA
Penerbit : Nuha Litera
Pengarang : Prof. Dr. H. Maragustam, MA
Penerbit : Nuha Litera
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
BAB II
PEMIKIRAN (FILSAFAT) PENDIDIKAN ISLAM
A. Arti Filsafat
B. Hakikat Pendidikan Islam
1. Pengertian kata "tarbiyah"
2. Hakikat pengertian "taklim"
3. Pengertian kata "takdib"
4. C Pengertian Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam
D. Pengolahan Sumber-sumber (Filsafat) Pendidikan Islam
E. Fungsi Filsafat Pendidikan Islam
F. Rangkuman
PEMIKIRAN (FILSAFAT) PENDIDIKAN ISLAM
A. Arti Filsafat
B. Hakikat Pendidikan Islam
1. Pengertian kata "tarbiyah"
2. Hakikat pengertian "taklim"
3. Pengertian kata "takdib"
4. C Pengertian Filsafat Pendidikan dan Filsafat Pendidikan Islam
D. Pengolahan Sumber-sumber (Filsafat) Pendidikan Islam
E. Fungsi Filsafat Pendidikan Islam
F. Rangkuman
BAB III
NILAI-NILAI DASAR (STRUKTUR IDE) PENDIDIKAN ISLAM
A. Hakikat Alam (kosmosentris)
B. Hakikat Kehidupan
C. Hakikat Manusia
D. Hakikat Hereditas dan Lingkungan
E. Rangkuman
NILAI-NILAI DASAR (STRUKTUR IDE) PENDIDIKAN ISLAM
A. Hakikat Alam (kosmosentris)
B. Hakikat Kehidupan
C. Hakikat Manusia
D. Hakikat Hereditas dan Lingkungan
E. Rangkuman
BAB IV
ALIRAN PEMIKIRAN (FILSAFAT) PENDIDIKAN ISLAM
A. Kesadaran Manusia dan Paradigms Pendidikan
B. Aliran Utama Pemikiran (Fillsafat) Pendidikan Islam
C. Empat Aliran Pemikiran (Filsafat) Pendidikan Barat
D. Rangkuman
ALIRAN PEMIKIRAN (FILSAFAT) PENDIDIKAN ISLAM
A. Kesadaran Manusia dan Paradigms Pendidikan
B. Aliran Utama Pemikiran (Fillsafat) Pendidikan Islam
C. Empat Aliran Pemikiran (Filsafat) Pendidikan Barat
D. Rangkuman
BAB V
PENDIDIKAN KELUARGA DAN KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM
A. Rasional
B. Pendidikan Keluarga
C. Komponen Pendidikan Islam
D. Rangkuman
PENDIDIKAN KELUARGA DAN KOMPONEN PENDIDIKAN ISLAM
A. Rasional
B. Pendidikan Keluarga
C. Komponen Pendidikan Islam
D. Rangkuman
BAB VI
PENDIDIKAN SPIRITUALITAS KALBU DAN IMPLIKASINYA DALAM TANGGUNG JAWAB
A. Rasional
B. Hakikat Kalbu
C. Karakteristik Kalbu
D. Metode Pendidikan Kalbu
E. Kalbu dan Pertanggungjawaban
F. Rangkuman
PENDIDIKAN SPIRITUALITAS KALBU DAN IMPLIKASINYA DALAM TANGGUNG JAWAB
A. Rasional
B. Hakikat Kalbu
C. Karakteristik Kalbu
D. Metode Pendidikan Kalbu
E. Kalbu dan Pertanggungjawaban
F. Rangkuman
BAB VII
PEMIKIRAN AL-ZARNUJI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
A. Rasional
B. Sketsa Pengarang Kitab Ta’lim al-Muta’allim
C. Tujuan Pendidikan/Tujuan Memperoleh Ilmu
D. Rangkuman
PEMIKIRAN AL-ZARNUJI TENTANG PENDIDIKAN ISLAM
A. Rasional
B. Sketsa Pengarang Kitab Ta’lim al-Muta’allim
C. Tujuan Pendidikan/Tujuan Memperoleh Ilmu
D. Rangkuman
BAB VIII
MENJADI MANUSIA PEMBELAJAR (PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK) YANG BIJAKSANA
A. Rasional
B. Pengertian dan Karakteristik Hikmah
C. Pendidikan Islam Mencetak Manusia Bijaksana (Insan Hakim)
D. Rangkuman
MENJADI MANUSIA PEMBELAJAR (PENDIDIK DAN PESERTA DIDIK) YANG BIJAKSANA
A. Rasional
B. Pengertian dan Karakteristik Hikmah
C. Pendidikan Islam Mencetak Manusia Bijaksana (Insan Hakim)
D. Rangkuman
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULIS
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar