Judul | : | PROSES BELAJAR MENGAJAR | |||
Pengarang | : | Drs. JJ Hasibuan, Dip.Ed & Drs. Moedjiono | |||
Penerbit | : | PT. Remaja Rosdakarya, Bandung | |||
ISBN | : | 979-514-108-2 | |||
Cetakan Ke | : | 13 | |||
Tahun Terbit | : | 2009 | |||
Bahasa | : | Indonesia | |||
Jumlah Halaman | : | vii + 96 | |||
Kertas Isi | : | HVS | |||
Cover | : | Soft | |||
Ukuran | : | 15 X 21 cm | |||
Berat | : | 150 gram | |||
Kondisi | : | Baru | |||
Harga | : | Rp. 21.500 DISKON | |||
Bayar | : | Rp 17.100 |
Proses
mengajar tidak mungkin dapat mencapai hasil yang diharapkan tanpa
disertai degan proses belajar yang memadai, yang seimbang. Bagaimana
cara menggiatkan proses belajar sehingga mencapai tingkat yang memadai?
Pertama,
tentu saja, pengajar harus menciptakan suasananya, yang terdiri atas
berbagai komponen. Kemudian tersedianya berbagai metode mengajar.
Semuanya memerlukan persiapan, latihan dan evaluasi. Hal tersebut
termasuk ke dalam "Strategi Belajar Mengajar" yang merupakan bagian
pertama buku ini.
Bagian
kedua berjudul "Model Mengajar dan Pengajaran Makro". Di dalam bagian
ini dikemukakan juga delapan ketrampilan dasar mengajar. Untuk bahan
penilaian, disampaikan beberapa contoh formulir observAI Sn formulir
balikan (feedback) bagi siswa.
Dengan
demikian, buku yang terdiri atas dua bagian ini merupakan buku petunjuk
dan buku pegangan yang ringkas tetapi luas isinya. BUku ini sangat
berguna bukan saja bai para clon guru, namun juga bagi para pengajar
yang ingin "menyegarkan kembali" atau meninagkatkan mutu ketrampilan
dalam menunaikan profesinya.
Adapun isi buku ini meliputi :
BAGIAN I : STRATEGI BELAJAR MENGAJAR
Bab
1: Pengertian Strategi Mengajar; Bab II Klasifikasi Belajar Mengajar
yang meliputi Pengaturan guru dan siswa, Struktur peristiwa belajar
mengajar, peranan guru-murid dalam mengolah pesan, proses pengolahan
pesan, tujuan belajar. Bab III Hakikat CBSA. Bab IV Rasional Peningkatan
CBSA, Bab V Implikasi CBSA bagi sistem penyampaian, Bab VI Beberapa
Metode Mengajar : Metode Ceramah, Metode Tanya Jawab, Metode Diskusi,
Metode Kerja Kelompok, Simulasi, Metode Demonstrasi.
BAGIAN II : ANALISIS MODEL MENGAJAR DAN PENGAJARAN MIKRO
Bab
1 : Tujuan dan rasional, Bab 2: KOnsep Mengajar, Bab 3 Pengajaran
Mikro, Bab 4 : Macam Ketrampilan dasar yang diutamakan, yaitu :
ketrampilan memberi penguatan, ketrampilan bertanya, ketrampilan
menggunakan variasi, ketrampilan menjelaskan, ketrampilan membuka dan
menutup pelajaran, ketrampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan,
ketrampilan mengelola kelas, ketrampilan membimbing diskusi kelompok
kecil.
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar