
| Judul | : | THEORIES OF LEARNING, Teori-teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi | |
| Pengarang | : | Winfred F. Hill | |
| Penerbit | : | Nusamedia | |
| ISBN | : | 978-979-1305-24-2 | |
| Edisi/ Cet | : | Cet 7 | |
| Tahun Terbit | : | 2012 | |
| Bahasa | : | Indonesia | |
| Jumlah Halaman | : | xii + 352 hlm | |
| Kertas Isi | : | HVS | |
| Cover | : | Soft | |
| Ukuran | : | 15,5 x 24 cm | |
| Berat | : | 500 Gram | |
| Kondisi | : | Baru | |
| Harga | : | Rp. 55.000 | |
| Bayar | : | Rp. 50.000 | |
| Stock | : | 0 | |
THEORIES OF LEARNING
(Teori-teori Pembelajaran, Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi)
Winred F. Hill
DAFTAR ISI :
BAB 1. BAGAIMANA PARA
PSIKOLOG MENGAJI MASALAH PEMBELAJARAN
Pembelajaran di Sekolah
Pembelajaran di Laboratorium
-         
Dua Situasi Pembelajaran Kompleks
-         
Tiga Situasi Pembelajaran Sederhana
-         
Kelebihan Studi Laboratorium
BAB 2. KAKIKAT
TEORI-TEORI PEMBELAJARAN
Variabel dan Hukum
Abtraksi
-         
Nilai Hukum Ilmiah
Apa Itu Teori-teori Pembelajaran
-         
Tiga Fungsi Teori
-         
Variablel-variabel Perantara
-         
Jenis-jenis Teori Pembelajaran
BAB 3. TIGA TEORESTIS
KONEKSIONISME YANG PERTAMA
Pengkondisian Pavlov
-         
Eksitasi dan Inhibisi
-         
Aplikasi dan Implikasi
Behaviorisme Watson
-         
Pembelajaran dalam Interpretasi Watson
-         
Jenis-jenis Pembelajaran Khusus
-         
Evaluasi Terhadap Teori Watson
Koneksionisme Awal Thorndike
BAB 4. TEORI
PEMBELAJARAN MENURUT GUTHRIE
Prinsip Dasar Pembelajaran
Mengubah Kebiasaan
-         
Beberapa Topik Khusus
Kata Penutup untuk Teori Kontiguitas
BAB 5. PEMBENTUKAN
TEORI FORMAL MENURUT HULL
Metode Postulasi dalam Pembentukan Teori
-         
Analisis Empat-Tahap
-         
Penjelasan Mengenai Teori
Kekuatan dan Kelemahan Sistem Hull
Para Pengikut Hull
-         
Kepribadian dan Psikoterapi
BAB 6. TEORI
PEMBELAJARAN MENURUT SKINNER
Unsur-unsur dasar Sistem Skinner
-         
Dua Jenis Pembelajaran
-         
Penguat Positif dan Negartif
-         
Peran Stimuli
-         
Apakah Skinner Seorang Koneksionis?
Efek Penguat
-         
Jadwal Penguatan
-         
Pembentukan
BAB 7. APLIKASI DAN
MPLIKASI TEORI SKINNER
Modifikasi Perilaku
Pendidikan
Aplikasi Lainnya
Hubungan Skiner dengan Psikologi Lainnya
BAB 8. TEORI GESTALT
Apa Itu Gestalt
Gestalt dalam Pembelajaran
-         
Hukum-hukun Gestalt Mengenai Pembelajaran dan Lupa
-         
Wawasan dalam Pendidikan
BAB 9. TEORI-TEORI KOGNITIF
EROPA YANG LAIN
System Lewin
-         
Ruang Hidup
-         
Memprediksi Perilaku
-         
Kelemahan Lewin dalam Memprediksi Pembelajaran
Piaget dan Perkembangan Kognitif
-         
Beberapa Konsep Dasar Sistem Piaget
-         
Tahapan-tahapan dalam Perkenbangan Kognitif
-         
Konsevasi
Tradisi Gestalt dan Pembelajaran
BAB 10. TEORI-TEORI
KOGNITIF DALAM TRADISI BEHAVIORISME
Behaviorisme Purposif Tolman
-         
Kognitif sebagai Vaiabel Perantara
-         
Prediksi dalam Teori Tolman
-         
Tikus dan Manusia
-         
Evaluasi Terhadap Tolman
Teori Kognitif Behavioristik Terbaru dari Bolles
-         
Interpretasi Kognitif Bolles
BAB 11. PERGESERAN
DARI KONEKSIONISME KE KENITIVISME
Respon-respon Penghasil Pentunjuk
Respon-respon Perantara yang Memberi Motivasi
Teori Kognisi Sosial Bandura
-         
Analisis Mengenai Pemodelan (Modeling)
-         
Pembelajaran melalui Pengamatan
-         
Beberapa Topik Khusus
Strutur Pembelajaran Herarkhis
BAB 12. ANALISIS
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Model Stimulus-Sampling Estes
-         
Elemen-elemen Stimulus
-         
Stimulus Sampling dan Pengkondisian
-         
Kurva-kurva Pembelajaran
Uraian Mengenai Model-model
-         
Lupa dan Kupulihan Spontan
-         
Penguatan
BAB 13. KOGNISI DAN
KOMPUTER
Apa yang Bisa Dilakukan Komputer
-         
Robot
-         
Penyelesaian Masalah oleh Komputer
-         
Komputer dan Teori Pembelajaran
Teori ACT
-         
Pengetahuan Diklaratif dan Pengetahuan Prosedural
-         
Kombinasi Ketentuan
BAB 14. KONEKSIONISME
MODEL BARU
Persoalan pada Model Komputer
Model-model Jaringan
-         
Dua Pendikatan
-         
Sebuah Contoh: NETTalk
-         
Bagaimana NETtalk Melakukan Itu?
Aplikasi dan Evaluasi
BAB 15. PERIHAL
MOTIVASI
Interpretasi Mengenai Penguatan dan Dorongan
-         
Deskripsi Baru Mengenai Dorongan
-         
Gairah Optimal
-         
Respons sebagai Penguat
Sibernetika
-         
Umpan Balik Negatif
-         
Kedudukan Sibernetika dalam Teori Pembelajaran
Teori Proses-Berlawanan
-         
Teori
-         
Beberapa Implikasi
BAB 16. INTERPRETASI
MENGENAI MEMORI
Pendekatan Koneksionis terhadap Memori
-         
Interferensi sebagai Sumber Lupa
-         
Jenis Mana yang Lebih Penting?
Pendekatan Kognitif terhadap Memori
-         
Tiga Penyimpanan Memori
-         
Proses Pengkodean
-         
Skemata dalam Memori
BAB 17. EVOLUSI DAN
PEMBELAJARAN
Prilaku Khas-Pesies
Kesiapan
Implikasi bagi Teori Pembelajaran
BAB 18. TEORI
PEMBELAJARAN: MASA LALU, MASA KINI DAN MASA MENDATANG
Persoalan yang Membedakan Teori-teori Pembelajaran
-         
Delapan Persoalan yang Kontroversial
-         
Posisi Kanan, Kiri, dan Tengah
Kriteria Teori yang Ideal
Arti Penting Teori Pembelajaran Dewasa Ini
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar