Judul | : | THEORIES OF LEARNING, Teori-teori Pembelajaran Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi | |
Pengarang | : | Winfred F. Hill | |
Penerbit | : | Nusamedia | |
ISBN | : | 978-979-1305-24-2 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 7 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 352 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 24 cm | |
Berat | : | 500 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 55.000 | |
Bayar | : | Rp. 50.000 | |
Stock | : | 0 |
THEORIES OF LEARNING
(Teori-teori Pembelajaran, Konsepsi, Komparasi dan Signifikansi)
Winred F. Hill
DAFTAR ISI :
BAB 1. BAGAIMANA PARA
PSIKOLOG MENGAJI MASALAH PEMBELAJARAN
Pembelajaran di Sekolah
Pembelajaran di Laboratorium
-
Dua Situasi Pembelajaran Kompleks
-
Tiga Situasi Pembelajaran Sederhana
-
Kelebihan Studi Laboratorium
BAB 2. KAKIKAT
TEORI-TEORI PEMBELAJARAN
Variabel dan Hukum
Abtraksi
-
Nilai Hukum Ilmiah
Apa Itu Teori-teori Pembelajaran
-
Tiga Fungsi Teori
-
Variablel-variabel Perantara
-
Jenis-jenis Teori Pembelajaran
BAB 3. TIGA TEORESTIS
KONEKSIONISME YANG PERTAMA
Pengkondisian Pavlov
-
Eksitasi dan Inhibisi
-
Aplikasi dan Implikasi
Behaviorisme Watson
-
Pembelajaran dalam Interpretasi Watson
-
Jenis-jenis Pembelajaran Khusus
-
Evaluasi Terhadap Teori Watson
Koneksionisme Awal Thorndike
BAB 4. TEORI
PEMBELAJARAN MENURUT GUTHRIE
Prinsip Dasar Pembelajaran
Mengubah Kebiasaan
-
Beberapa Topik Khusus
Kata Penutup untuk Teori Kontiguitas
BAB 5. PEMBENTUKAN
TEORI FORMAL MENURUT HULL
Metode Postulasi dalam Pembentukan Teori
-
Analisis Empat-Tahap
-
Penjelasan Mengenai Teori
Kekuatan dan Kelemahan Sistem Hull
Para Pengikut Hull
-
Kepribadian dan Psikoterapi
BAB 6. TEORI
PEMBELAJARAN MENURUT SKINNER
Unsur-unsur dasar Sistem Skinner
-
Dua Jenis Pembelajaran
-
Penguat Positif dan Negartif
-
Peran Stimuli
-
Apakah Skinner Seorang Koneksionis?
Efek Penguat
-
Jadwal Penguatan
-
Pembentukan
BAB 7. APLIKASI DAN
MPLIKASI TEORI SKINNER
Modifikasi Perilaku
Pendidikan
Aplikasi Lainnya
Hubungan Skiner dengan Psikologi Lainnya
BAB 8. TEORI GESTALT
Apa Itu Gestalt
Gestalt dalam Pembelajaran
-
Hukum-hukun Gestalt Mengenai Pembelajaran dan Lupa
-
Wawasan dalam Pendidikan
BAB 9. TEORI-TEORI KOGNITIF
EROPA YANG LAIN
System Lewin
-
Ruang Hidup
-
Memprediksi Perilaku
-
Kelemahan Lewin dalam Memprediksi Pembelajaran
Piaget dan Perkembangan Kognitif
-
Beberapa Konsep Dasar Sistem Piaget
-
Tahapan-tahapan dalam Perkenbangan Kognitif
-
Konsevasi
Tradisi Gestalt dan Pembelajaran
BAB 10. TEORI-TEORI
KOGNITIF DALAM TRADISI BEHAVIORISME
Behaviorisme Purposif Tolman
-
Kognitif sebagai Vaiabel Perantara
-
Prediksi dalam Teori Tolman
-
Tikus dan Manusia
-
Evaluasi Terhadap Tolman
Teori Kognitif Behavioristik Terbaru dari Bolles
-
Interpretasi Kognitif Bolles
BAB 11. PERGESERAN
DARI KONEKSIONISME KE KENITIVISME
Respon-respon Penghasil Pentunjuk
Respon-respon Perantara yang Memberi Motivasi
Teori Kognisi Sosial Bandura
-
Analisis Mengenai Pemodelan (Modeling)
-
Pembelajaran melalui Pengamatan
-
Beberapa Topik Khusus
Strutur Pembelajaran Herarkhis
BAB 12. ANALISIS
PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Model Stimulus-Sampling Estes
-
Elemen-elemen Stimulus
-
Stimulus Sampling dan Pengkondisian
-
Kurva-kurva Pembelajaran
Uraian Mengenai Model-model
-
Lupa dan Kupulihan Spontan
-
Penguatan
BAB 13. KOGNISI DAN
KOMPUTER
Apa yang Bisa Dilakukan Komputer
-
Robot
-
Penyelesaian Masalah oleh Komputer
-
Komputer dan Teori Pembelajaran
Teori ACT
-
Pengetahuan Diklaratif dan Pengetahuan Prosedural
-
Kombinasi Ketentuan
BAB 14. KONEKSIONISME
MODEL BARU
Persoalan pada Model Komputer
Model-model Jaringan
-
Dua Pendikatan
-
Sebuah Contoh: NETTalk
-
Bagaimana NETtalk Melakukan Itu?
Aplikasi dan Evaluasi
BAB 15. PERIHAL
MOTIVASI
Interpretasi Mengenai Penguatan dan Dorongan
-
Deskripsi Baru Mengenai Dorongan
-
Gairah Optimal
-
Respons sebagai Penguat
Sibernetika
-
Umpan Balik Negatif
-
Kedudukan Sibernetika dalam Teori Pembelajaran
Teori Proses-Berlawanan
-
Teori
-
Beberapa Implikasi
BAB 16. INTERPRETASI
MENGENAI MEMORI
Pendekatan Koneksionis terhadap Memori
-
Interferensi sebagai Sumber Lupa
-
Jenis Mana yang Lebih Penting?
Pendekatan Kognitif terhadap Memori
-
Tiga Penyimpanan Memori
-
Proses Pengkodean
-
Skemata dalam Memori
BAB 17. EVOLUSI DAN
PEMBELAJARAN
Prilaku Khas-Pesies
Kesiapan
Implikasi bagi Teori Pembelajaran
BAB 18. TEORI
PEMBELAJARAN: MASA LALU, MASA KINI DAN MASA MENDATANG
Persoalan yang Membedakan Teori-teori Pembelajaran
-
Delapan Persoalan yang Kontroversial
-
Posisi Kanan, Kiri, dan Tengah
Kriteria Teori yang Ideal
Arti Penting Teori Pembelajaran Dewasa Ini
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar