Judul | : | TAKSONOMI BERPIKIR | |
Pengarang | : | Dr. Wowo Sunaryo Kuswana, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-071-6 | |
Cetakan Ke | : | 1 | |
Tahun Terbit | : | 2011 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | viii + 316 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 450 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 61.000 | DISKON |
Bayar | : | Rp 48.700 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENGANTAR TAKSONOMI BERPIKIR
Sifat, Proses dan Hasil BerpikirPengertian dan Komponen Taksonomi
- Objek
- Kerangka kerja
- Kelompok
Perspektif Sosiologis
Perspektif Filsafat
- Deskriptif atau Normatif
- Ketrampilan Berpikir dan Berpikir Kritis
Ketrampilan Berpikir dalam Pembelajaran
- Beberapa contoh Kasus Program dan Pendekatan
- Pengembangan Rancangan Pembelajaran Berpikir
Manfaat lain dari Taksonomi
Taksonomi dan Model
BAB 2. BERPIKIR: PERSPEKTIF PSIKOLOGI FAAL
Perspektif Psikologi Faal- Komponen Sistem Saraf Manusia
- Struktur Tengkorak Kepala dan Otak
Proses dan Hambatan Sensorik
- Proses Sensorik
- Kelainan-kelainan paa Penginderaan yang Berpengaruh pada Proses Berpikir
BAB 3. BERPIKIR: PERSPEKTIF PSIKOLOGI KOGNITIF
Pengertian Kognisi dan KognitifMemori Konstruktif
- Memori Kerja
- Memori Kerja versus Memori Jangka Pendek
- Pengukuran Memori Kerja
- Kompatibilitas dengan Respons Intervensi
- Konsep Model Memori Kerja
- Model-Model Pengolahan Informasi
Faktor-faktor Terkait Penelitian Memori
- Kerja Memori Jangka Panjang
BAB 4. PENGEMBANGAN STRUKTUR KOGNITIF
Pengertian Pengembangan Struktur KognitifKerangka Kerja Pengembangan Struktur Kognitif
- Model Tahapan Pengembangan Struktur Kognitif (Piaget, 1950)
- Model Struktur Intelektual (SI) (Guilford 1956; 1967; 1977; 1982; 1983)
- Pengembangan Skema (Perry, 1974)
- Multikecerdasan (Horward Gardner, 1983; 1986; 1993)
- Teori Pengembangan Kognitif Orang Dewasa (Koplowitz, 1984)
- Model Pengembangan Pengetahuan Perempuan (Belenky, 1986)
- Teori Tiga strata Kemampuan Kognitif (Carroll, 1993)
- Model Pengembangan Berpikir Integrasi (Demetriou dan Efklides, 1985, 1993, 2001, 2002)
- Model Keputusan Reflektif (King dan Kitchener, 1994)
- Kerangka kerja untuk Belajar Pengaturan diri (Pintrich dan Zeider, 2000)
- Teori Fungsi Eksekutif
BAB 5. TRANSFER DAN JENIS HAMBATAN BELAJAR
Transfer Belajar dalam Konteks Psikologi Kognitif- Transfer belajar
- Transfer Pengetahuan dalam Belajar
- Implikasi Praktik Pembelajaran Kognitif
Jenis Gangguan Psikologis terhadap Transfer Belajar
- Sensasi
- Persepsi
- Perhatian
- Kesadaran dan kebingungan
- Gangguan Berpikir
- Gangguan Daya Ingat
- Gangguan emosi
Lupa Informasi dan Penyebabnya
- Teori Decay (Jejak dan Perpindahan Informasi)
- Peterson (1959), durasi Memori Jangka Pendek (STM)
- Gangguan pada Memori Jangka Panjang (LTM)
- Gangguan dalam Transfer Belajar
Kejenuhan dalam Belajar
Faktor Lingkungan Belajar
- Aspek struktur dan Proses Keluarga
- Aspek Sosioekonomis
- Aspek Budaya Lokal dan Multibudaya
- Aspek Sosio-Teknologi
Upaya Memahami Kesulitan Belajar
- Diagnosis Kesulitan Belajar
- Indikator Observasi Sederhana Bagi Siswa di Dalam Kelas
- Pengamatan Saat Absensi
Pengamatan Saat Pemberian Informasi (Presentasi atau Proses Pengolahan)
Analisis Pengolahan Tes Akhir dari Tiga Topik Materi Tertentu
DAFTAR PUSTAKA
TENTANG PENULISKEMBALI KE HALAMAN AWAL
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar