Judul | : | MENYIMAK SEBAGAI SUATU KETRAMPILAN BERBAHASA | |
Pengarang | : | Prof. DR. Henry Guntur Tarigan | |
Penerbit | : | Angkasa | |
ISBN | : | 979-404-124-6 | |
Cetakan Ke | : | Edisi Revisi | |
Tahun Terbit | : | 2008 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | X + 211 | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 21 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 40.000 | |
Bayar | : | Rp. 35.000 | |
Stock | : | 0 |
DAFTAR ISI :
BAB 1. PENDAHULUAN
PengantarKetrampilan berbahasa
- Menyimak dan berbicara
- Menyimak dan membaca
- Berbicara dan membaca
- Ekspresi lisan dan ekspresi tulis
Pengajaran menyimak
Belajar dan menyimak
Linguistik dan guru bahasa
Daftar bacaan
BAB 2. MENYIMAK
PengantarBatasan dan pengertian menyimak
Tahap-tahap menyimak
Ragam menyimak
- Menyimak ekstensif
- Menyimak intensif
Tujuan menyimak
Proses menyimak
Kemampuan menyimak siswa sekolah dasar
Hal-hal perlu disimak
Daftar bacaan
BAB 3. SUASANA MENYIMAK
PengantarSuasana defensif
Suasana Suprotif
Saran praktis meningkatkan ketrampilan menyimak
Upaya menyimak tepat guna
Aneka kendala menyimak efektif
Perilakumenyimak
- Menyimak faktual
- Menyimak Empatik
Meningkatkan perilaku menyimak
Daftar bacaan
BAB 4. FAKTOR PEMENGARUH MENYIMAK
PengantarFaktor Fisik
Faktor Psikologis
Faktor pengalaman
Faktor sikap
Faktor motivasi
Faktor jenis kelamin
Faktor lingkungan
Faktor peranan dalam masyarakat
Kebiasaan jelek dalam masyarakat
Mengapa orang tidak menyimak?
Perilaku jelek dalam menyimak
Kesalahpahaman
Aneka permasalahan menyimak
Daftar bacaan
BAB 5. ANEKA SITUASI PELIBAT MENYIMAK
PengantarMenyimak dalam kehidupan dan kurikulum
Petunjuk, keterangan, pengumuman
Percakapan dan diskusi
Laporan
Radio, televisi, rekaman, telepon
Aneka alasan menyimak
Daftar bacaan
BAB 6. MENINGKATKAN DAYA SIMAK
PengantarAneka pengalaman audio pemertinggi kemampuan menyimak
Aneka kegiatan peningkatan daya simak
- Menyimak konservatif
- Menyimak apresiatif
- Menyimak eksploratif
- Menyimak konsentratif
Sikap guru turut mempertinggi daya simak siswa
Kualifikasi guru menyimak
- Tuntutan bagi sang guru
- Kualifikasi baik
Berupaya menjadi penyimak efektif
Mengatasi kendala menyimak
Aneka kaidah peningkatan menyimak
Daftar bacaan
BAB 7. MEMILIH BAHAN SIMAKAN YANG MENARIK PERHATIAN
PengantarDuolog dan dialog
Hakikat perhatian
- Teori seleksi-responsi
- Teori saringan
- Teori seleksi masukan
Perhatian dalam komunikasi
faktor pemengaruh perhatian menyimak
Mengapa kita menyimak?
Bahan simakan yang menarik perhatian
Daftar bacaan
KEMBALI KE HALAMAN AWAL
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar