Judul
DAFTAR ISI : BAGIAN SATU. PENDAHULUAN BAB 1. PENGERTIAN, PERANAN DAN FUNGSI KURIKULUM Kurikulum sebagai Suatu Program Kegiatan yang Terencana Kurikulum sebagai Hasil belajar yang Diharapkan Kurikulum sebagai Reproduksi Kultural (Cultural Reproduction) Kurikulum sebagai Kumpulan Tugas dan Konsep Diskrit Kurikulum sebagai Agenda Rekonstruksi Sosial Kurikulum sebagai Currere Perbedaan antara Kurikulum Lama dan Kurikulum Baru Peranan Kurikulum Fungsi Kurikulum BAB 2. STUDI LAPANGAN KURIKULUM Pendahuluan Lapangan Kurikulum Pembelajaran Kepemimpinan Kurikulum BAB 3. PENDEKATAN STUDI KURIKULUM Pendekatan Mata Pelajaran Pendekatan Interdisipliner Pendekatan Integratif Pendekatan Sistem BAB 4. BERBAGAI MASALAH KURIKULUM Masalah Umum Bidang Cakupan (Scope) Relevansi Keseimbangan Integrasi Sekuens (Sequence) Kontinuitas Artikulasi Kemampuan Transfer (Transferability) Beberapa Masalah Khusus Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum BAGIAN DUA: LANDASAN KURIKULUM BAB 5. FALSAFAT Falsafah Pendidikan Rekontruksisme Perenialisme Progresivisme Falsafah Negara Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Nasional Rumusan Pancasila Pancasila Sebagai Dasar Pendidikan Nasional Penghayatan dan Pengamalan Pancasila BAB 6. KEMASYARAKATAN Masyarakat Sebagai Suatu Sistem Sosial Subsistem Kepercayaan/ Keyakinan Hidup Subsistem Nilai Subsistem Kebutuhan Masyarakat Subsistem Permintaan atau Tuntutan (Demands) Kekuatan Sosial yang Mempengaruhi Kurikulum BAB 7. KEBUDAYAAN Peradaban dan Kebudayaan Masyarakat dan Peradaban Dimensi Kebudayaan Perubahan Sosial Kultural Penyebab Perubahan Kebudayaan Perubahan Kebudayaan Indonesia Implikasi Sosial Budaya dalam Penyusunan Kurikulum BAB 8. PSIKOLOGI BELAJAR Definisi Belajar Beberapa Teori Belajar Faktor-Faktor Belajar Belajar dan Implikasinya dalam Penyusunan Kurikulum BAB 9. PERKEMBANGAN SISWA Siswa Sebagai Anggota Masyarakat Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa Kebutuhan Para Remaja Developmental Taks Minat para Remaja BAGIAN TIGA: KONSTRUKSI KURIKULUM BAB 10. PENGEMBANGAN TUJUAN PENDIDIKAN Tujuan Pendidikan Nasional Tujuan Institusional Tujuan Pendidikan Sekolah Menengah Tujuan Sekolah Menengah Kejuruan Tujuan Kurikuler Tujuan Instruksional BAB 11. MODEL KURIKULUM Kurikulum Humanistik Kurikulum Rekonstruksi Sosial Kurikulum Teknologi Kurikulum Akademik Model Dinamik Konsepsi Kurikulum BAB 12. ORGANISASI KURIKULUM Pemilihan dan Penentuan Isi Kurikulum Bentuk Organisasi Kurikulum Prosedur Pengorganisasian Kurikulum Implikasi Penyusunan dan Perbaikan Kurikulum BAB 13. PERENCANAAN KURIKULUM Prinsip-Prinsip Perencanaan Kurikulum Karakteristik Perencanaan Kurikulum Kerangka Kerja Perencanaan Kurikulum Komponen Perencanaan Kurikulum BAB 14. PENGEMBANGAN KURIKULUM Definisi Kerangka Pengembangan Kurikulum BAB 15. DESAIN PENGEMBANGAN KURIKULUM Definisi Komponen Pengembangan Kurikulum Model Desain Pembelajaran Sistemik BAGIAN EMPAT: PENGELOLAAN KURIKULUM BAB 16. PERENCANAAN PENGAJARAN Tujuan dan Fungsi Perencanaan Jenis-Jenis Perencanaan BAB 17. PIHAK-PIHAK TERKAIT DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM Sumber Daya Manusia Pengembangan Kurikulum Peran Guru dalam Pengembangan Kurikulum BAB 18. IMPLEMENTASI KURIKULUM Definisi Deskripsi Alternatif Model Implementasi Kurikulum BAB 19. EVALUASI KURIKULUM Definisi Berbagai Aspek Evaluasi Kurikulum DAFTAR PUSTAKA INDEKS SEKILAS TENTANG PENULIS | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KEMBALI KEHALAMAN AWAL | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Share This Article
0 comments:
Posting Komentar